HUT ke-78 TNI Hari Ini, Seratusan Alutsista Canggih Bakal Konvoi dari Monas ke Bundaran HI

Kamis, 05 Oktober 2023 - 07:49 WIB
loading...
HUT ke-78 TNI Hari Ini, Seratusan Alutsista Canggih Bakal Konvoi dari Monas ke Bundaran HI
Ratusan alutsista dipamerkan dalam rangka gelaran HUT ke-78 TNI yang berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ratusan alat utama sistem persenjataan ( alutsista ) dipamerkan dalam rangka gelaran HUT ke-78 TNI yang berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023). Sederet alutsista itu juga akan konvoi dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Beberapa dari alutsista itu merupakan pembelian terbaru dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Alutsista-alutsista yang ditampilkan di antaranya kendaraan tempur, kendaraan taktis, mobil dan motor listrik, dan pesawat nirawak (drone).

Kemudian, sistem senjata, rudal-rudal, sistem peluncur rudal, tank amphibi Marinir, serta sea rider dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL juga akan ditampilkan.

Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda (Marsda) TNI Arif Widianto mengatakan, setelah upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI, lebih dari 100 alutsista akan bergerak dari Monas sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI). Kemudian memutar kembali ke arah Monas.


"Mereka (iring-iringan alutsista) akan keluar menuju Bundaran HI," kata Arif saat jumpa pers didampingi Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono.

Diketahui, Monas dipilih oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai lokasi peringatan HUT ke-78 TNI. Sebab Monas dianggap mampu menampung alutsista milik TNI.


"Nanti kita selenggarakan secara serentak di seluruh wilayah nusantara tapi terpusat mungkin di Monas. Karena kalau di istana kelihatannya kurang cukup untuk menempatkan alutsista," kata Yudo.

Peragaan Demo Kolone Senapan juga bakal memeriahkan HUT ke-78 TNI itu. Demonstrasi Kolone Senapan merupakan demo menggunakan senjata laras panjang dengan sangkur terpasang yang membutuhkan kedisiplinan yang tinggi, kecermatan dalam bergerak, ketepatan dalam bertindak, ketahanan fisik dan stamina, akurasi gerakan yang tepat, kepatuhan terhadap perintah, dan tidak kalah penting adalah kerja sama tim.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)