90% Pasar Leuwiliang Hangus Terbakar, Pedagang Segera Direlokasi

Sabtu, 30 September 2023 - 11:42 WIB
loading...
90% Pasar Leuwiliang Hangus Terbakar, Pedagang Segera Direlokasi
Kondisi Pasar Leuwiliang pascakebakaran di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/9/2023). FOTO/ANTARA/Yulius Satria Wijaya
A A A
JAKARTA - Bupati Bogor Iwan Setiawan menyebut 90% Pasar Leuwiliang ludes terbakar . Sebagai solusi jangka pendek, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan merelokasi pedagang.

"Ya ternyata hampir 90% ya pasar (Leuwiliang) ini yang utamanya kebakar. Jangka pendek Pemkab Bogor bakal merelokasi para pedagang," kata Iwan kepada wartawan, Sabtu (30/9/2023).

Saat ini, pihaknya sedang menginventarisasi beberapa lokasi untuk menentukan tempat relokasi yang layak. Berdasarkan data sementara, tercatat 1.615 lapak pedagang terdampak kebakaran.

Baca Juga: Begini Kondisi Pascakebakaran Pasar Leuwiliang Bogor

"Tapi kita juga harus mempersiapkan kelayakan pasar sementara itu, sarana dan prasarana juga harus dibangun dulu. Nah ini yang harus kita pikirkan untuk para pedagang, mudah-mudahan cukup untuk direlokasi ke tempat yang memang layak," katanya.

Terkait kebutuhan anggaran, Iwan segera mengumpulkan jajarannya, termasuk berkoordinasi dengan DPRD. Yang paling memungkinkan, penanganan jangka pendek akan menggunakan anggaran dari belanja tidak terduga (BTT).

"Intinya saya minta para pedagang tertib di dalam pengaturannya, jangan sampai di musibah ini ada yang menunggangi. Pemerintah hadir di sini untuk mengambil langkah strategis, masyarakat kembali ada harapan, bisa kembali berjualan," ujarnya.

Untuk diketahui, Pasar Leuwiliang, Kabupaten Bogor terbakar hebat pada Rabu, 27 September 2023. Butuh waktu sekitar 16 jam untuk memadamkan api yang membakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja 1.615 lapak pedagang dalam pasar ludes terbakar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)