5 Fakta Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Mengenang Perjuangan Pahlawan Revolusi

Jum'at, 29 September 2023 - 14:24 WIB
loading...
5 Fakta Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Mengenang Perjuangan Pahlawan Revolusi
Monumen Pancasila Sakti dibangun untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur dalam tragedi G30S PKI. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Monumen Pancasila Sakti dibangun untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur pada tragedi G30S PKI tahun 1965. Banyak sejumlah fakta menarik dari berdirinya monumen ini.

Monumen Pancasila Sakti terletak di kompleks yang dikelola oleh Pusat Sejarah TNI. Di lokasi tersebut menyimpan bangunan-bangunan bersejarah yang dilestarikan keasliannya.

Berikut sejumlah fakta menarik dibalik berdirinya Monumen Pancasila Sakti.

Fakta Monumen Pancasila Sakti


1. Berlokasi di Komplek Lubang Buaya


Monumen Pancasila Sakti terletak di Jalan Raya Pondok Gede RT1/RW2, Desa Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Monumen ini didirikan sebagai penghormatan kepada petinggi TNI Angkatan Darat yang tewas dalam Peristiwa Gerakan 30 September 1965 Partai Komunis Indonesia (G30S PKI).



Kompleks yang dikelola oleh Pusat Sejarah TNI ini memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang masih dalam kondisi asli. Termasuk rumah-rumah tua yang digunakan dalam operasi pembunuhan petinggi-petinggi Angkatan Darat selama peristiwa G30S PKI.

2. Diprakarsai oleh Presiden Soeharto


Berdirinya Monumen Pancasila Sakti merupakan gagasan dari Presiden Soeharto. Adapun tujuan pembangunan monumen untuk mengenang perjuangan Pahlawan Revolusi dalam mempertahankan ideologi Pancasila dari ancaman ideologi komunis di Republik Indonesia.



Monumen Pancasila Sakti mulai dibangun di area dengan luas tanah mencapai 14,6 hektare yang semula merupakan kebun kosong yang juga terdapat rawa - rawa. pada Agustus 1967 dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1973.

3. Sebagai Lokasi Wisata Bersejarah


Monumen Pancasila Sakti saat ini dijadikan sebagai kawasan wisata sejarah untuk masyarakat Indonesia. Hingga saat ini Monumen Pancasila Sakti sering dikunjungi oleh siswa sekolah untuk wisata edukasi untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang gugur oleh tentara PKI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)