Wisata Museum Lubang Buaya, Fasilitas, dan Harga Tiketnya

Rabu, 27 September 2023 - 20:43 WIB
loading...
Wisata Museum Lubang Buaya, Fasilitas, dan Harga Tiketnya
Diorama kekejaman PKI di Museum Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Menjelang peringatan Gerakan 30 September PKI atau G30S PKI, Anda bisa mengunjungi Museum Lubang Buaya di Jalan Raya Pondok Gede, Cipayung, Jakarta Timur. Museum ini dikenal sebagai Museum Pengkhianatan PKI yang menceritakan pemberontakan PKI pada tahun 1965.

Di dalamnya terdapat banyak koleksi menarik terkait tragedi Lubang Buaya. Museum ini juga menyajikan gambaran proses pengangkatan jenazah 7 pahlawan revolusi. Ada juga koleksi beberapa diorama, pakaian, foto profil 7 pahlawan revolusi, serta masih banyak koleksi lainnya.

Museum Lubang Buaya berdiri di atas lahan seluas 14,6 hektare. Di depan bangunan museum terdapat Monumen Pahlawan Revolusi yang dibangun pada pertengahan Agustus 1967.



Untuk jam buka Museum Lubang Buaya pada Senin-Sabtu mulai pukul 10.00-16.00 WIB. Pada Minggu mulai pukul 10.00-16.30 WIB.

Adapun tiket masuk Museum Lubang Buaya yakni umum Rp5.000 per orang, siswa/mahasiswa Rp3.000, layanan pemandu bahasa Indonesia Rp75.000, dan layanan pemandu bahasa Inggris Rp100.000.

Ada apa saja di Museum Lubang Buaya

1. Foto-foto Bersejarah
Koleksi foto ini menggambarkan rangkaian peristiwa sejarah terkait tragedi Pemberontakan PKI di Indonesia. Beberapa di antaranya foto-foto Pahlawan Revolusi Indonesia lengkap dengan display seragamnya.

2. Koleksi Diorama
Museum ini juga menyajikan diorama-diorama bercerita. Deretan diorama ini menceritakan peristiwa pemberontakan PKI, khususnya peristiwa G30S PKI yang terjadi pada 1965.

Masing-masing diorama menggambarkan rangkaian cerita pedih yang dialami Pahlawan Revolusi. Dari diorama-diorama ini, para pengunjung dapat memperoleh gambaran peristiwa sejarah yang sesungguhnya.

3. Sumur Lubang Buaya
Situs Sumur Lubang Buaya menjadi ikon dari museum ini. Sumur Lubang Buaya merupakan saksi bisu di mana jenazah para Pahlawan Revolusi ditemukan.

Sumur ini memiliki diameter cukup sempit yakni 75 cm dan kedalamannya 12 meter. Di sinilah korban pembantaian PKI ditemukan dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

4. Kompleks Paseban
Kawasan ini dulunya lokasi rapat terkait rencana penculikan para jenderal oleh anggota PKI. Lokasi ini sangat penting karena menjadi lokasi banyak merekam peristiwa sejarah.

Selain itu, terdapat fasilitas lain untuk menunjang kenyamanan pengunjung museum yakni pusat informasi, toilet, area parkir kendaraan, serta tempat sampah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)