Asal-usul Rawamangun Jakarta Timur, Wilayah yang Dulunya Hutan Lebat Berawa

Rabu, 27 September 2023 - 13:32 WIB
loading...
A A A
Lapangan golf ini memiliki 18 lubang dengan panjang total 6.000 meter. Lapangan golf ini juga menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda dan Jepang.

Pada tahun 1962, dibangun velodrome pertama di Indonesia dengan nama Velodrome Senayan (sekarang Velodrome Rawamangun). Velodrome ini merupakan salah satu fasilitas olahraga untuk Asian Games IV yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun itu.

Tidak lama setelahnya, pemerintah juga mendirikan Universitas Negeri Jakarta pada tahun 1964. Universitas ini merupakan pengembangan dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang didirikan pada tahun 1954 oleh Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Yamin.

Untuk melengkapi kebutuhan kesehatan masyarakat, pada tahun 1971 pemerintah membangun Rumah Sakit Umum Persahabatan di Rawamangun. Dalam sejarahnya, rumah sakit ini merupakan hasil kerja sama antara Indonesia dan Jepang.

Seiring berjalannya waktu, Rawamangun kini tumbuh sebagai salah satu wilayah yang maju di Jakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari pembangunan fasilitas yang lengkap dan mulai tertata.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)