6 Tempat Saksi Bisu Peristiwa G30S PKI di Jakarta, Nomor 5 Paling Terkenal dan Lengkap

Rabu, 27 September 2023 - 09:09 WIB
loading...
A A A
Tempat ini adawalnya sebuah tanah atau kebun kosong. Pada 30 September 1965, area yang kerap digunakan sebagai pusat pelatihan oleh PKI itu dijadikan sebagai tempat penyiksaan dan pembuangan terakhir para korban G30S.

Lubang Buaya terletak di Jalan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Kini Lubang Buaya menjadi tempat wisata umum, terutama untuk anak sekolah mengetahui perjuangan bangsa Indonesia.

Di dalamnya terdapat Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, Museum Diorama, sumur tempat para korban G30S PKI dibuang, serta sebuah ruangan berisi relik.

Museum Lubang Buaya menjadi salah satu saksi bisu peristiwa G30S PKI di Jakarta. Dalam museum ini juga banyak menampilkan bukti bukti bersejarah terkait G30S/PKI.

6. Gedung Utama Bappenas

6 Tempat Saksi Bisu Peristiwa G30S PKI di Jakarta, Nomor 5 Paling Terkenal dan Lengkap


Gedung Utama Bappenas termasuk saksi bisu peristiwa G30S PKI. Bangunan yang berlokasi di Jalan Taman Suropati Nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat, itu merupakan lokasi persidangan Mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmilub) peristiwa G30S PKI pada tahun 1966.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi menetapkan Gedung Utama Bappenas sebagai cagar budaya . Penetapan Gedung Bappenas sebagai bangunan cagar budaya dianggap penting karena bangunan tersebut menjadi saksi sejarah peristiwa G30S PKI di Jakarta.

Gedung Bappenas ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya setelah melalui proses kajian yang dilakukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta pada 2 November 2022. Selanjutnya telah ditetapkan melalui Kepgub Nomor 318 Tahun 2023 tentang Penetapan Gedung Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sebagai Bangunan Cagar Budaya pada 8 Mei 2023.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)