KLHK Gelar Festival LIKE di GBK, Dorong Ekonomi Sirkular Dalam Pengelolaan Sampah

Minggu, 17 September 2023 - 19:19 WIB
loading...
KLHK Gelar Festival LIKE di GBK, Dorong Ekonomi Sirkular Dalam Pengelolaan Sampah
KLHK menggelar Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) di Indonesia Arena, Kawasan GBK Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) di Indonesia Arena, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023).

Kegiatan ini bertujuan mewujudkan praktik pengelolaan sampah berkelanjutan yang mendatangkan manfaat ekonomi dan sosial. Tentunya dengan menyejahterakan melalui penerapan circular economy dalam pengelolaan sampah kemasan.

Demi mempercepat itu, KLHK mengajak beberapa produsen dan mitra-mitra koleksi dan daur ulang untuk berkomitmen dalam mewujudkan penerapan circular economy yang terintegrasi dan komprehensif.



Termasuk penandatanganan Piagam Kerja Sama ‘Kemitraan Pengumpul dan Daur Ulang Sampah Kemasan dalam Rangka Pemenuhan Bahan Baku Industri Daur Ulang Plastik’ antara tiga perusahaan disaksikan oleh KLHK.

Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, daur ulang merupakan jawaban konkret menghadapi triple-crisis yang kita hadapi saat ini yaitu perubahan iklim, biodiversity loss, dan polusi termasuk polusi plastik.

Pihaknya selalu meminta para asosiasi agar senantiasa membantu bank sampah ketika ada satu daerah yang kekurangan offtaker. "Kita ingin mendorong ekosistem itu meskipun tidak mudah. Ketika ada daerah yang kekurangan offtaker biasanya mereka mau membantu," ujar Rosa.

Karenanya konsisten mengedukasi masyarakat akan pentingnya memilah sampah dari rumah perlu dilakukan demi memastikan rantai pasokan daur ulang ini terjaga prosesnya yakni berjalan dari hulu ke hilir.

Sustainability Director Le Minerale Ronald Atmadja menyampaikan pihaknya berkomitmen dalam Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN). Dia juga mendorong peningkatan collection rate untuk membuat collector efficient dan bersaing di industri daur ulang.

“Salah satunya menyediakan recycle point di berbagai lokasi dan terus mengedukasi masyarakat untuk bijak mengelola plastik,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)