alexametrics

Akhir Pekan Libur Idul Adha, Kota Tua Sepi Pengunjung

loading...
Akhir Pekan Libur Idul Adha, Kota Tua Sepi Pengunjung
Suasana wisata kota tua, Jakarta Barat, terlihat sepi pada libur Hari Raya Idul Adha, Sabtu (1/8/2020). SINDOnews/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Pengunjung wisata kota tua, Jakarta Barat, terlihat sepi pada libur Hari Raya Idul Adha, Sabtu (1/8/2020). Taman Fatahillah yang biasanya dipenuhi ratusan warga, sepi dan nyaris tak terlihat ada pengunjung.

Kondisi tersebut juga disebabkan ada pembatasan pengunjung di kawasan itu, setelah akses masuk kawasan dibatasi. Pantauan di lokasi pada sore hari, hanya sekitar 10 orang yang terlihat di museum fatahillah. (Baca juga; Antisipasi Penumpukan Penumpang, DKI Siapkan Bus Transjakarta Sapu Jagat)

Di kawasan itu pula, sejumlah petugas keamanan tampak berjaga. Mereka mengecek sejumlah pengunjung yang masuk menggunakan thermal gun yang berada di dua lokasi, yakni lorong museum bank mandiri dan kali besar timur yang dekat dengan jembatan kota intan.

Seorang petugas jaga, Andi, (36), mengatakan kondisi yang begitu terik membuat banyak pengunjung lolos pemeriksaan. Karena itu, banyak pengunjung yang kemudian menunggu hingga suhu tubuhnya stabil. “Kita suruh tunggu dulu,” kata Andi.



Pernyataan Andi dibenarkan oleh Ilham, (27), salah satu pengunjung. Bersama dengan pasangannya, Ilham mengaku sempat tak lolos karena suhu tubuhnya cukup tinggi. (Baca juga; Masifkan Tes PCR, Pemprov DKI Temukan 432 Kasus Positif Covid-19)

Sebab, sebelum ke kota tua, dia sempat berjalan jalan di Asemka dan stasiun Jakarta Kota. “Pas dicek ke tangan, suhu badan saya tinggi, suruh nunggu di tempat adem. Pas di cek lagi normal lagi,” katanya.



Sepinya pengunjung di kawasan kota tua membuat sejumlah pedagang kaki lima nyaris tak terlihat. Suasana di Jalan Kunir, Jalan Kali Besar, dan Jalan Lada yang biasanya dipenuhi terlihat lenggang.

“Biasanya kalau weekend penuhnya malam mas. Sekarang mungkin dagang di Asemka dulu,” kata Toto, (37), salah satu pedagang asongan.
(wib)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak