Usai Pilgub DKI, KPU Ajak Masyarakat Bergandengan Tangan

Rabu, 19 April 2017 - 23:03 WIB
Usai Pilgub DKI, KPU Ajak Masyarakat Bergandengan Tangan
Usai Pilgub DKI, KPU Ajak Masyarakat Bergandengan Tangan
A A A
JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 putaran kedua telah selesai digelar hari ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga berharap masyarakat bisa mempererat kembali persaudaraan yang selama kampanye sempat memanas.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Berkaca pada pengalaman pilkada sebelumnya, kompetisi yang berlangsung ketat tidak menyulitkan warga untuk kembali bergandeng tangan dan merajut persatuan.

"Saya ingat lima tahun yang lalu, putaran pertama kompetisinya luar biasa, putaran kedua juga tensinya lebih tinggi. Tapi begitu hasil quick count (hitung cepat) keluar, orang langsung mengatakan kemudian saling menghormati," ucap Arief dikantornya, Rabu (19/4/2017).

Menurut Arief, kondisi ini semakin menunjukkan masyarakat semakin dewasa dalam menyikapi dinamika demokrasi dan politik yang ada disekitarnya. "Kami berharap dua-duanya (pasangan calon)??< bisa bersalaman dan publik pun bisa menerima itu," tutur Arief.

Arief menambahkan, sudah selaiknya Pilgub DKI yang berlangsung aman dan kondusif disyukuri oleh semua pihak. Dan dapat menjadi contoh untuk daerah lain dalam menjalankan proses pemilihannya ke depan. "Semoga bisa mengambil pelajaran baik dari yang dilihat dalam Pilgub DKI ini," tambahnya.

Pilkada serentak 2017 diikuti oleh 101 daerah, tujuh provinsi 18 kota serta 76 kabupaten. Pilgub DKI menjadi yang terakhir selesai prosesnya karena menerapkan mekanisme dua putaran setelah di 15 Februari lalu tidak ada pemenang yang melampaui 50+1.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7051 seconds (0.1#10.140)