alexametrics

Debat Cagub, Ahok Akui Rusun Jatinegara Bermasalah

loading...
Debat Cagub, Ahok Akui Rusun Jatinegara Bermasalah
Foto: dok/SINDOnews/Yorri Farli
A+ A-
JAKARTA - Saat debat dengan sesi pertanyaan dari masyarakat, cagub nomor urut 2 Basuki T Purnama (Ahok) mengakui kalau Rumah Susun Jatinegara, Jakarta Timur yang dikeluhkan penghuninya sedikit bermasalah. Untuk itu Pemprov DKI sedang berupaya agar masalah tersebut bisa diatasi.

Perwakilan Komunitas Rumah Susun dan Toilet untuk Semua Keluarga, Sukarto menegaskan, bahwa warga Rusun Jatinegara yang direlokasi akibat normalisasi kali Ciliwung menderita secara ekonomi dan mental sejak tinggal di rusun.

"Kami tinggal di rusun yang sering bocor, padahal kami menanggung biaya terus menerus," tanyanya dalam debat cagub di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017).



Mendapat pertanyaan itu, Ahok mengakui kalau beberapa rusun yang dibangun Pemprov DKI bermasalah. "Kita akui beberapa rusun yang dibangun dengan kontraktor maling jadi seperti itu," jawabnya.

Makanya, lanjut Ahok, pembangunan rusun sekarang diperlambat agar hasilnya lebih baik.

"Kalau soal bayar, sebenarnya tinggal di rusun tidak bayar," katanya.

Ahok melanjutkan, uang yang dibayar warga itu untuk pemeliharaan lingkungan. Sedangkan yang tidak bisa membayar akan ditanggung oleh Pemprov DKI.

"Masalahnya setelah kami teliti, hanya 30 persen yang tidak mampu membayar. Selebihnya tidak mau bayar," kata Ahok.

Sedangkan untuk meningkatkan ekonomi penghuninya, kata Ahok, akan dibuatkan tempat usaha di lokasi rusun. "Kami akan bongkar pagar-pagar rusun untuk kios dagang. Ini yg kami akui ada kesalahan desain dan kami minta maaf dan semoga bapak ibu bisa sabar," ujarnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak