Efektif Tekan Polusi Udara, Pemprov DKI Sarankan Gedung Tinggi Pasang Water Mist

Senin, 28 Agustus 2023 - 16:46 WIB
loading...
Efektif Tekan Polusi Udara, Pemprov DKI Sarankan Gedung Tinggi Pasang Water Mist
Uji coba penyemprotan air dari atas gedung menggunakan water mist generator dari Gedung Pertamina. Foto: IG @dinaslhdki
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal memasang water mist generator atau alat penyemprotan air dari atas gedung-gedung tinggi. Hal ini sebagai salah satu solusi menekan polusi udara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menuturkan, uji coba penyemprotan air dari atas gedung menggunakan water mist generator telah dilakukan dari Gedung Pertamina. Hasilnya cukup efektif untuk menurunkan polusi udara.



“Kita melakukan penyemprotan dari atas Gedung Pertamina dan di bawahnya langsung diukur dengan alat PM 2,5. Itu ternyata bisa menurunkan kadar PM 2,5 yang ada di sekitaran gedung tersebut,” ujar Asep, Senin (28/8/2023).

Asep menilai penyemprotan air dari atas gedung dengan menggunakan water mist generator jauh lebih efektif ketimbang melakukan penyiraman air di jalanan.

Untuk itu, gedung-gedung tinggi yang ada di Ibu Kota bakal disarankan memasang water mist generator. Pihaknya segera mendata gedung-gedung tinggi yang akan dipasang water mist tersebut.



Terkait harga water mist generator, Asep menjamin cukup terjangkau. Air yang dibutuhkan untuk penyemprotan menggunakan water mist juga tidak banyak.

“Kemarin itu dari BRIN menyampaikan kisaran Rp50 juta per 1 unit, dan itu sangat mudah dibuat, kemarin baru uji coba. Jadi hari ini BRIN akan menyampaikan speknya kepada kami, Pemprov DKI Jakarta. Kemudian juga nanti kita koordinasikan untuk penerapannya,” tandasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)