Kasus Positif COVID-19 Naik, Waspada 5 Klaster Keluarga di Bogor

Kamis, 30 Juli 2020 - 23:01 WIB
loading...
Kasus Positif COVID-19 Naik, Waspada 5 Klaster Keluarga di Bogor
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim. Foto/SINDOnews
A A A
BOGOR - Kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Bogor terus naik. Data terbaru hingga Kamis (30/7/2020) pukul 14.00 WIB, tercatat ada 8 kasus positif baru. Jadi selama pandemi sudah 273 warga Kota Bogor terinfeksi virus Corona.

Terus bertambahnya pasien terkonfirmasi positif membuat Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim memberikan peringatan atau warning kepada warga Bogor Raya (Kota/Kabupaten Bogor). (Baca juga; Dewan Kabupaten Bekasi Diduga Terima Gratifikasi Hewan Kurban )

"Perlu kewaspadaan kita semua baik warga Kota dan Kabupaten Bogor (Bogor Raya). Saat ini kasus positif baru COVID-19 (penularannya) terbagi ada dalam 5 klaster keluarga Bogor," kata Dedie yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bogor.

Dia merinci klaster keluarga Bogor itu 34 orang terdiri dari klaster Rimba Mulya hari ini bertambah jadi 7 orang, ada penambahan 1 orang dibandingkan hari sebelumnya; kemudian klaster Semplak jadi 14 orang, bertambah 11 orang dibandingkan hari sebelumnya.

"Untuk klaster Semplak 6 di antaranya warga Kabupaten Bogor. Sedangkan Klaster keluarga Cimanggu City ada 4 orang dan klaster keluarga Sukadamai 3 orang serta klaster Bantarjati ada 6 orang, 2 diantaranya warga Kabupaten Bogor," jelasnya. (Baca juga; Aturan Ganjil-Genap Hanya untuk Mobil, Ini 25 Lokasi Ruas Jalannya )

Dia menuturkan, untuk klaster Bantarjati itu terjadi pada 21 Juli 2020, hasil swab test Kepala Keluarga positif. "Di Klaster Bantarajati ada 17 kontak erat dan 5 di antaranya positif. Ini (Klaster Keluarga) semua karena transmisi lokal, kalau imported cases hanya 47%. Kepala Keluarga ini pemilik restoran. Kita akan tutup restonya. Sedang disiapkan langkah teknisnya. Saat ini kita juga sedang ditelusuri apakah beraktivitas mengelola resto atau tidak," katanya.

Sementara itu, Jubir Pemkot Bogor untuk Siaga Corona Kota Bogor Sri Nowo Retno menyebutkan berdasarkan hasil monitoring harian hingga 30 Juli 2020 total kasus positif Covid-19 Kota Bogor mencapai 273 orang terdiri dari 187 sembuh, positif aktif atau masih dalam perawatan 66 orang dan meninggal 20 orang.

"Yang jelas hari ini jumlah pasien terkonfirmasi positif bertambah 8 orang, maka pasien positif yang masih dalam perawatan 8 orang, sedangkan untuk pasien positif COVID-19 yang meninggal hari ini tidak ada penambahan alias tetap," jelasnya dalam keterangan tertulisnya.

Dia juga merinci kasus dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) hari ini berjumlah 88 orang, ada pengurangan 6 kasus dibandingkan hari sebelumnya. "Kalau kasus dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) tak ada penambahan yakni 35 orang masih dalam pemantauan dan untuk kasus dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 4 orang jadi total yang masih dalam pengawasan saat ini 51 orang," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)