Mak Ganjar Penyuluhan Sertifikasi Halal dan Penerbitan NIB untuk UMKM

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 16:27 WIB
loading...
Mak Ganjar Penyuluhan Sertifikasi Halal dan Penerbitan NIB untuk UMKM
Relawan Mak Ganjar Jabodetabek menggelar penyuluhan sertifikasi halal dan penerbitan NIB untuk ratusan pelaku UMKM di di Lapangan Koda Futsal, Kota Bekasi, Sabtu (19/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BEKASI - Relawan Mak Ganjar Jabodetabek menggelar penyuluhan sertifikasi halal dan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Bekasi. Kegiatan ini untuk mengedukasi dan mempermudah pelaku UMKM dalam mendapatkan akses permodalan usaha.

"Alhamdulillah program yang berkaitan dengan sertifikasi halal dan izin untuk usaha ini harapan ibu-ibu memang. Karena bagaimana pun, ke depan usaha kami akan semakin tertib, termasuk dalam rangka mendapatkan pinjaman lunak," kata Evy Nafisah Korwil Mak Ganjar Jabodetabek di Lapangan Koda Futsal, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Sabtu (19/8/2023).

Kegiatan ini terinspirasi dari Ganjar Pranowo yang meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro di Jawa Tengah dengan bunga hanya 3% per tahun. Dengan kebijakan tersebut, Jawa Tengah berhasil menjadi daerah dengan penyalur KUR terbesar se-Indonesia pada 2022 mencapai Rp55,27 triliun.

"Di Jawa Tengah sendiri untuk ibu-ibu yang bergerak di bidang usaha itu pinjaman yang di bank biasa 12% se tahun, di Jawa Tengah itu 3%. Mudah-mudahan ini tersosialisasi ke seluruh Indonesia," ujarnya.

Bantuan Mak Ganjar Jabodetabek dilakukan dengan memberikan surat dan nomor NIB yang telah terhubung dalam Online Single Submission (OSS) yang dikelola Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dengan surat dan nomor NIB, para pelaku UMKM nantinya akan lebih mudah mendapatkan akses modal dengan bunga rendah. Dengan demikian, iklim usaha khususnya UMKM akan lebih tertib.

Evy menambahkan, dengan kegiatan diharapkan UMKM tumbuh dan membuka lapangan kerja lebih banyak lagi.
"Ini juga salah satu perjuangan kita juga," lanjutnya.

Erli Marlina, salah satu penerima surat NIB dari Mak Ganjar mengaku sangat terbantu untuk usaha yang dilakoninya yakni ABC Massage. Erli semakin tenang dalam menjalankan usaha massage untuk bayi itu.

"Bagus sekali, saya merasa terbantu karena selama ini saya juga belum tahu harus bagaimana membuka massage bayi di rumah. Setelah ada ini gratis saya merasa terbantu sekali, jadi untuk melengkapi surat-surat saya juga," katanya.

Dia melanjutkan, kegiatan yang diadakan pendukung Ganjar Pranowo itu sangat positif dan bermanfaat. Erli meyakini, usahanya akan semakin maju dan berkembang setelah mendapatkan NIB.

"Kalau bisa terus berkelanjutan mencakup keseluruhan. Jadi supaya bisa memasyarakatkan semua jadi bisa terbantu. Harapannya setelah ada bantuan ini nanti usaha saya bisa semakin maju, semua surat-surat lengkap dan resmi. Jadi saya merasa tenang untuk membantu orang-orang pijat bayi," terangnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)