Catat! LRT Jabodebek Beroperasi Komersial Agustus, Uji Coba 12 Juli 2023

Kamis, 29 Juni 2023 - 11:18 WIB
loading...
Catat! LRT Jabodebek Beroperasi Komersial Agustus, Uji Coba 12 Juli 2023
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta meninjau proyeksi pembangunan proyek LRT Jabodebek. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyebutkan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek ditargetkan bisa beroperasi pada bulan Agustus 2023 mendatang. Uji coba akan dilakukan pada 12 Juli mendatang.

Hal itu disampaikan Menhub Budi Karya saat mengunjungi proyeksi pembangunan proyek LRT Jabodebek bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Keduanya menaiki LRT dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur dan kembali ke Stasiun Halim.

”Pada 12 Juli nanti, kita mulai lakukan uji coba operasional terbatas dengan tarif Rp1 rupiah yang dilakukan oleh KAI. Diharapkan pada 18 Agustus 2023 akan diresmikan Bapak Presiden Jokowi dan beroperasi secara komersial,” ujar Menhub dalam keterangannya, Kamis (29/6/2023).



Usai menjajal LRT Jabodebek, Budi Karya Sumadi mengatakan perjalanan dapat ditempuh dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Tercatat, waktu tempuh perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Harjamukti, Cibubur adalah 39 menit. Sementara dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta ke Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur adalah 43 menit.

”Ini lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan sekalipun lewat tol, yang waktu tempuhnya bisa sekitar dua jam. Dengan naik LRT mampu memangkas waktu sepertiganya. Ini angka yang signifikan,” tuturnya.



Menhub mengungkapkan, LRT mampu mengangkut hingga 500 ribu penumpang per hari. Jika digabung dengan penumpang KRL Jabodetabek sebanyak 1,2 juta penumpang, maka secara total 1,7 juta penumpang per hari yang diangkut menggunakan kedua angkutan massal tersebut.

Selain itu, Menhub Budi juga menilai dengan menggunakan LRT hal itu bisa mengurangi angka kemacetan dan mengurangi polusi udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)