Catat! Rute LRT Jabodebek dan Tarifnya

Selasa, 16 Mei 2023 - 06:03 WIB
loading...
Catat! Rute LRT Jabodebek dan Tarifnya
LRT Jabodebek akan diuji cobakan secara internal tanpa melibatkan masyarakat. Sedangkan, uji coba terbuka untuk umum dimulai pada Juli 2023 secara gratis. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Rute LRT Jabodebek dan tarifnya perlu diketahui masyarakat luas. Rencananya, Light Rail Transit (LRT) Jabodebek akan diuji cobakan secara internal tanpa melibatkan masyarakat.

Sedangkan, uji coba terbuka untuk umum dimulai pada Juli 2023 secara gratis. Diketahui, LRT Jabodebek mulai dibangun pada 2015 dengan tujuan mengurangi kemacetan di Jakarta Utara dan Jakarta Timur.



Meski sudah rampung pembangunannya, jadwal beroperasi LRT ini sempat mundur beberapa kali hingga direncanakan beroperasi secara komersial tepat pada Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 mendatang.

Berikut rute LRT Jabodebek dan tarifnya:

Jika sudah beroperasi, LRT Jabodebek memiliki 18 titik pemberhentian dengan total panjang lintasan mencapai 44 km. Dari jumlah stasiun yang ada, LRT memiliki lebih banyak stasiun dibandingkan MRT yang saat ini hanya melayani 13 titik pemberhentian.

Pembangunan lintas pelayanan LRT Jabodebek dibagi menjadi tiga lintasan sepanjang 44,43 km dengan rute sebagai berikut:

- Rute Cawang-Cibubur
- Rute Cawang-Dukuh Atas
- Rute Cawang-Bekasi Timur

Daftar 18 stasiun yang akan dilintasi dan menjadi pemberhentian:
1. Dukuh Atas
2. Stasiun Setiabudi
3. Stasiun Rasuna Said
4. Stasiun Kuningan
5. Stasiun Pancoran
6. Stasiun Cikoko
7. Stasiun Ciliwung
8. Stasiun Cawang
9. Stasiun TMII
10. Stasiun Kampung Rambutan
11. Stasiun Ciracas
12. Stasiun Harjamukti
13. Stasiun Halim
14. Stasiun Jatibening Baru
15. Stasiun Cikunir I
16. Stasiun Cikunir II
17. Stasiun Bekasi Barat
18. Stasiun Jatimulya

Tarif LRT Jabodebek
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, tarif LRT Jabodebek akan diberikan subsidi. Saat ini, pemerintah tengah merumuskan besaran subsidi tarif LRT Jabodebek.

Porsi subsidi pemerintah terhadap tarif LRT Jabodebek untuk rute terjauh terbilang sangat besar atau hampir separuhnya yakni 40 persen. Bila mengacu pada subsidi tersebut, diskon tarif terjauh untuk moda transportasi baru itu mencapai Rp10.000 sehingga ongkos naik LRT Jabodebek dengan jarak terjauh sebesar Rp15.000.

Sebelumnya, besaran tarif di kisaran Rp15.000-Rp25.000 telah diusulkan pihak operator. Angka tersebut sudah disesuaikan dengan kemampuan membayar yang dimiliki masyarakat.

Dengan subsidi yang diberikan untuk moda transportasi massal berdasarkan skema Public Service Obligation (PSO), nominal tarif tersebut bisa saja lebih rendah. Hingga kini besaran tarif LRT masih menunggu ketetapan resmi pemerintah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)