Transjakarta Rute Soekarno-Hatta Gratis Selama Uji Coba, Ini Jadwal Operasionalnya

Kamis, 22 Juni 2023 - 07:00 WIB
loading...
Transjakarta Rute Soekarno-Hatta Gratis Selama Uji Coba, Ini Jadwal Operasionalnya
Dishub DKI Jakarta memastikan uji coba layanan rute bus Transjakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak dipungut biaya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan uji coba layanan rute bus Transjakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak dipungut biaya alias gratis.

”Selama uji coba gratis. Tentu tujuannya kami ingin melihat karakteristik selain operasional bus secara teknis, juga karakteristik masyarakat pengguna,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kamis (22/7/2023).

Dia menyebut nantinya akan ada sembilan bus yang dioperasikan selama masa uji coba. Armada bus tersebut bakal berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat dan berhenti di Kantor Angkasa Pura II dan Terminal Kargo.



Syafrin menambahkan, rute baru Transjakarta ini akan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB dan 16.00 WIB sampai 21.00 WIB. Angkutan ini juga diprediksi mengangkut 4.000 penumpang.

”Kan kalau potensi total, rata-rata itu per hari karyawan di kawasan Bandara Soetta total itu sekitar 40.000 an. Kami proyeksikan paling minimum 10 persen itu akan beralih menggunakan layanan TransJakarta secara harian, artinya ada 4.000an,” ujarnya.

Setelah masa uji coba selesai tarif layanan Transjakarta menuju Bandara Soetta masih akan dikaji lebih dalam.”Karena kan begini, jika menggunakan tarif subsidi, kita akan minta masuk ke kawasan bandara sehingga ini sedang kami hitung secara cermat,” jelasnya.



Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memastikan terkait layanan angkutan menuju atau dari Bandara Soekarno-Hatta bisa digunakan masyarakat umum. Hal itu diungkapkan Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta Wibowo.

Dia menyebutkan ihwal pembukaan layanan itu masih didiskusikan bersama PT Angkasa Pura II. “Jadi pembukaan layananan Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta didiskusikan bersama Angkasa Pura II,” kata Wibowo.



Wibowo memastikan layanan Transjakarta tersebut bisa digunakan bagi masyarakat umum. Sebab, lanjut dia, PT Transjakarta merupakan perusahaan trasportasi publik.

“Transjakarta tidak pernah membedakan masyarakat. Semua boleh menggunakan layanan Transjakarta,” ujar dia.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)