MNC Peduli dan MNC Land Gelar Edukasi Pengelolaan Sampah di SDN Caringin 3 Bogor

Rabu, 14 Juni 2023 - 15:04 WIB
loading...
MNC Peduli dan MNC Land Gelar Edukasi Pengelolaan Sampah di SDN Caringin 3 Bogor
MNC Peduli bekerja sama dengan MNC Land menggelar kegiatan edukasi dan kreasi Ecobrick di SDN Caringin 3, Kabupaten Bogor. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023 lalu, MNC Peduli bekerja sama dengan MNC Land menggelar kegiatan edukasi dan kreasi Ecobrick di SDN Caringin 3, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya pengelolaan limbah dan pelestarian lingkungan.

Ecobrick merupakan konsep pengelolaan limbah yang kreatif dan ramah lingkungan. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi diajarkan cara mengumpulkan sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang seperti kemasan plastik bekas, botol minuman, dan lainnya.

Sampah-sampah plastik tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol dengan rapat dan padat sehingga terbentuk Ecobrick yang kuat dan kokoh.



Selama kegiatan edukasi, siswa juga diberikan penjelasan mengenai dampak buruk dari sampah plastik terhadap lingkungan, termasuk masalah pencemaran dan ancaman terhadap kehidupan hewan laut. Mereka juga diberikan pemahaman tentang pentingnya pengurangan sampah plastik dengan mempraktikkan cara membuat Ecobrick.

Setelah penjelasan teori, siswa-siswa diajak berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan kreasi Ecobrick. Untuk memacu kreativitas, siswa-siswi diarahkan menciptakan berbagai macam kreasi yang dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas sekolah dari Ecobrick yang mereka buat dari sampah plastik.

"Anak-anak diajarkan memanfaatkan barang-barang melalui limbah plastik menjadi sesuatu yang berguna menjadi suatu karya," ujar Kepala SDN Caringin 3 Agustini, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan seperti ini dinilai sangat bermanfaat untuk siswa. Tidak hanya mengasah kreativitas, tetapi juga menumbuhkan rasa menjaga lingkungan.

Melalui kegiatan ini, MNC Peduli dan MNC Land berharap dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan cara mengelola limbah dengan bijak. Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, kreativitas, dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

"Edukasi mengenai penanganan limbah plastik penting untuk ditanamkan sejak dini kepada siswa guna membentuk #GenerasiCerdasAnakBangsa. Dengan kegiatan ini, kami harapkan dapat memberikan ilmu baru dan juga menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan," ujar Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo.

Pihaknya juga turut aktif dalam pengolahan sampah. "Saat ini kami memilki berbagai program penanggulangan sampah baik sampah organik maupun sampah non organik. Kami menjalani sistem pengolahan sampah organik di kawasan perkantoran MNC Center untuk dijadikan produk bermanfaat seperti pupuk dan pakan ikan guna mengurangi sampah perkantoran berakhir di TPA. Sampah kertas dan botol plastik juga dimanfaatkan oleh binaan kami untuk dijadikan produk bernilai jual," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)