Kualitas Udara Jakarta Buruk, Heru Budi Dorong Peralihan ke Kendaraan Listrik

Selasa, 13 Juni 2023 - 06:45 WIB
loading...
Kualitas Udara Jakarta Buruk, Heru Budi Dorong Peralihan ke Kendaraan Listrik
Pelajar melintas di polusi udara yang keluar dari kendaraan yang kerap melintas di jalan Jakarta. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyiapkan sejumlah langkah untuk menangani kualitas udara yang tak sehat di Ibu Kota. Heru Budi pun mendorong percepatan peralihan kendaraan bahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik.

“Ya dipercepat motor listrik, mobil listrik, terus bahan bakarnya yang memang memenuhi syarat. Ya harus semua pihak harus mengikut dong,” kata Heru kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/6/2023).



Tak hanya itu, mantan Wali Kota Jakarta Utara itu pun juga mendorong untuk memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) guna mengurangi emisi udara buruk dari kendaraan bermotor.

Sebelumnya,Kualitas udaradi Jakarta beberapa hari terakhir indeks kualitas udara (Air Quality Index/AQI) terus mengalami kenaikan. Untuk menyiasatinya, warga Jakarta diimbau untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.



Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam subspesialis Hematologi-Onkologi Prof Zubairi Djoerban. ”Biasanya kita akan lepas masker begitu di luar ruangan. Tapi dengan kualitas udara saat ini lebih baik tetap memakainya,” jelas Beri dikutip dari Twitternya, Jumat 2 Juni 2023.

Sebelumnya, Prof Beri mengunggah AQI di Jakarta sempat berada di angka 156 dan naik jadi 161. Padahal angka normalnya dari AQI berada di 0-50.

Sementara berdasarkan hasil pantauan SINDOnews, angka AQI untuk Jakarta di 162. Angka ini jelas mengalami peningkatan satu angka dari yang dicuit oleh Prof Zubairi.



“Berdasar laman IQ Air, indeks kualitas udara (AQI) Jakarta Ahad kemarin di angka 156. Hari ini 161. Artinya kategori tidak sehat. AQI normal di angka 0-50,” kata Beri dalam cuitannya pada 29 Mei 2023.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)