Naik KRL Commuter Line Jabodetabek Kini Bebas Masker

Senin, 12 Juni 2023 - 17:37 WIB
loading...
Naik KRL Commuter Line Jabodetabek Kini Bebas Masker
Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek kini tidak wajib mengenakan masker selama dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek kini tidak wajib mengenakan masker selama dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19.

"Sesuai dengan SE tersebut mulai 12 Juni 2023 seluruh pengguna perjalanan Commuter Line diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, dalam keterangannya, Senin (12/6/2023).

Meski demikian, seluruh pengguna KRL Commuter Line dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat. Terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

KAI Commuter juga mengharapkan kerja sama seluruh pengguna Commuter Line untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat di perjalanan maupun di area stasiun.

Hal ini agar terhindar dari penyebaran virus-virus penyakit lainnya. Terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19 seperti sedang batuk dan flu.



"Dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan perilaku hidup sehat, kita bisa menciptakan transportasi yang sehat, aman dan nyaman, serta terus bisa terus bergerak produktif," tuturnya.

Untuk menjamin kesehatan para pengguna, KAI Commuter secara rutin akan tetap melakukan pembersihan setelah rangkaian kereta selesai berdinas. Pembersihan juga dilakukan oleh petugas On Trip Cleaning Service selama di dalam perjalanan kereta.



"Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan perjalanan Commuter Line yang sehat, aman dan nyaman," pungkas Anne.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)