Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Gelar Jumat Curhat Bersama di Kelurahan Kalibata Jakarta Selatan

Jum'at, 26 Mei 2023 - 19:18 WIB
loading...
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Gelar Jumat Curhat Bersama di Kelurahan Kalibata Jakarta Selatan
Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggelar acara Jumat Curhat Bersama di Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Direktorat Reserse Kriminal Khusus ( Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menggelar acara Jumat Curhat Bersama, terkait kejahatan siber (cyber crime), balap liar, hingga narkoba. Kegiatan ini berlangsung di Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2023).

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan, hubungan yang baik antara Polda Metro Jaya dengan masyarakat Kelurahan Kalibata sudah terjalin cukup lama. Diawali dengan dibentuknya Kampung Tangguh Jaya pada awal pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, ikatah batin antara Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dengan masyarakat Kelurahan Kalibata sudah seperti hubungan kekeluargaan.

Kombes Auliansyah mengatakan bahwa banyak sekali situs di Indonesia yang telah terindikasi memberikan informasi palsu. Sehingga tujuan dari penggunakan internet telah disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


“Salah satunya adalah pemalsuan pembelian tiket konser Coldplay yang telah kami tangkap pelakunya," kata Kombes Auliansyah.

Untuk itu, Kombes Auliansyah mengimbau kepada masyarakat Kelurahan Kalibata agar lebih bijak dalam bermedia sosial dengan memastikan kebenaran berita tersebut, dan lebih waspada terhadap modus penipuan yang semakin berkembang.

“Saat ini sangat marak beredar modus pencurian data baru yang perlu masyarakat ketahui, yaitu modus pencurian data dengan format (Apk) yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp, dimana apabila calon korban mengklik dan menginstal maka data akan dicuri dan informasi perbankan rahasia akan diketahui oleh pelaku pencurian,” bebernya.

Baca Juga: Tips Menghindari Kejahatan Modus Modifikasi APK dan Link Phising

Warga yang mengikuti acara Jumat Curhat bersama Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sangat antusias. Terlihat dari warga yang hadir antara lain bernama Sofyan, Asep, dan Isak, aktif bertanya dan curhat tentang situasi Kamtibmas, kejahatan siber, balap liar, dan narkoba di sekitar Kelurahan Kalibata.

“Saya mengharapkan agar acara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga apa yang menjadi keluh kesah dari masyarakat dapat tersampaikan dengan baik, serta pelayanan Polri, khususnya Direktorat Kriminal Khusus menjadi semakin baik dan optimal,” tutup Kombes Auliansyah.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)