5 Wilayah di Jabodetabek yang Miliki Unsur Nama Kelapa, Nomor 3 Eksis Sejak Abad Ke 12

Kamis, 25 Mei 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A
3. Sunda Kelapa

Masih di Jakarta Utara, Pelabuhan Sunda Kelapa dan wilayah di sekitarnya sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, terutama DKI Jakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa awalnya bernama Kalapa milik kerajaan Padjadjaran yang beribu kota di Pakuan (Bogor).

Lokasi Sunda Kelapa tersebut sudah eksis sejak abad ke-12 dan menjadi pelabuhan paling penting di Padjadjaran. Ketika bangsa Eropa mulai masuk ke Nusantara, pelabuhan ini diperebutkan dan berhasil dikuasai Belanda.

Nama Sunda Kelapa baru resmi digunakan pada tahun 1970an, usai kemerdekaan Indonesia. Sunda Kelapa sendiri memiliki arti pelabuhan Kalapa yang dimiliki Kerajaan Sunda.

4. Kelapa Dua

Selanjutnya, ada Kecamatan Kelapa Dua yang berada di Kabupaten Tangerang, Banten. Dalam data di dokumen Renstra (Rencana Strategis) Kecamatan Kelapa Dua kabupaten Tangerang.

Kelapa Dua memiliki luas wilayah 465,94 hektare, sehingga menjadi kecamatan ketiga terluas di Kabupaten Tangerang, setelah Bojong Nangka dan Curug Sangereng. Diketahui, sebagian besar penduduk Kelapa Dua berprofesi sebagai pegawai swasta dan wiraswasta.

Selain di Tangerang, wilayah dengan nama Kelapa Dua juga terdapat di Kota Depok, Jawa Barat. Kelapa Dua di Depok termasuk dalam wilayah Kelurahan Tugu. Sementara, di Jakarta Timur, ada kelurahan di lingkup Kecamatan Ciracas yang bernama Kelapa Dua Wetan.

5. Kebon Kelapa

Kebon Kelapa merupakan sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)