Sejarah Patung Kuda Arjuna Wiwaha di Jakarta, Falsafah Mahabharata yang Digagas Soeharto

Minggu, 21 Mei 2023 - 07:22 WIB
loading...
Sejarah Patung Kuda Arjuna Wiwaha di Jakarta, Falsafah Mahabharata yang Digagas Soeharto
Petugas tengah melakukan pembersihan dan perawatan Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, Jakarta. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Patung Arjuna Wiwaha atau yang lebih dikenal dengan sebutan " Patung Kuda " adalah salah satu patung paling ikonik di Indonesia. Patung ini terletak di jantung Ibu Kota Jakarta , tepatnya di persimpangan yang mempertemukan Jalan Thamrin dan Jalan Medan Merdeka.

Patung Arjuna Wiwaha dirancang oleh maestro pematung Indonesia asal Tabanan, Bali, yaitu Nyoman Nuarta. Patung ini dibangun sekitar tahun 1987, seusai kunjungan Presiden Soeharto ke Turki.



Saat berada di Turki, Soeharto melihat banyak monumen yang menjelaskan cerita masa lalu Negeri Dua Benua (julukan Turki) itu di jalan-jalan protokolnya. Selepas kembali ke Jakarta, Soeharto menyadari belum ada patung yang bercerita tentang falsafah yang melambangkan sejarah kemerdekaan. Kemudian Nyoman Nuarta menyarankan kisah Perang Baratayuda sebagai inspirasi pembuatan patung tersebut.

Pembuatan Patung Arjuna Wiwaha dipimpin oleh Nyoman Nuarta dan dikerjakan oleh 40 seniman lainnya. Patung ini memiliki panjang total 25,8 meter dengan tinggi 2,87 meter untuk figur kuda dan 2 meter untuk figur arjuna.

Bahan dasar pembuatan patung ini dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi, seperti perunggu, tembaga, baja. Anggaran yang dihabiskan sekitar Rp300 juta.

Makna dari Patung Arjuna Wiwaha sangatlah penting. Patung ini menjadi simbol kemenangan dan keberanian. Arjuna dalam kisah Mahabharata adalah seorang pahlawan yang berani dan tegas dalam menghadapi musuh. Dengan demikian, patung ini menggambarkan semangat juang yang tinggi dan tekad untuk meraih kemenangan.



Selain itu, Patung Arjuna Wiwaha juga menjadi simbol keindahan seni pahat Indonesia. Patung ini merupakan salah satu karya seni pahat terbesar dan terbaik di Indonesia. Tak heran, Patung Arjuna menjadi daya tarik wisata yang populer di Jakarta. Banyak wisatawan yang datang ke Jakarta untuk melihat patung ini dan mengambil foto di depannya.

Patung Arjuna Wiwaha sering pula menjadi titik utama aksi unjuk rasa. Patung ini menjadi simbol perjuangan dan keberanian dalam menghadapi ketidakadilan. Banyak aksi unjuk rasa yang dilakukan di dekat patung ini, seperti aksi unjuk rasa mahasiswa, buruh, dan masyarakat sipil.

Dalam sejarahnya, Patung Arjuna Wiwaha pernah mengalami beberapa perubahan. Pada tahun 2018, patung ini mengalami renovasi besar-besaran. Renovasi ini dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat cuaca dan polusi. Patung ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang membuatnya terlihat lebih indah di malam hari.



Secara keseluruhan, Patung Arjuna Wiwaha adalah salah satu karya seni pahat terbesar dan terbaik di Indonesia. Patung ini memiliki makna yang sangat penting sebagai simbol kemenangan dan keberanian. Dengan keindahan dan maknanya yang mendalam, Patung Arjuna Wiwaha akan terus menjadi kebanggaan Indonesia.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)