Biskita Trans Pakuan Bogor Berbayar Mulai 20 Mei 2023, Cek Besaran Tarifnya

Rabu, 17 Mei 2023 - 20:43 WIB
loading...
Biskita Trans Pakuan Bogor Berbayar Mulai 20 Mei 2023, Cek Besaran Tarifnya
Biskita Trans Pakuan di Kota Bogor akan berbayar mulai Sabtu, 20 Mei 2023. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Biskita Trans Pakuan di Kota Bogor akan berbayar mulai Sabtu, 20 Mei 2023. Besaran tarif dipatok di angka Rp4.000.

Hal ini setelah terbitnya persetujuan dari Kementerian Keuangan melalui PMK Nomor 55 Tahun 2023 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang bersifat Volatil atas Layanan Angkutan Perkotaan dengan Skema Pembelian Layanan (BTS) di Kementerian Perhubungan.

Besaran tarif ini akan terus dievaluasi sehingga layanan Biskita Trans Pakuan Kota Bogor tetap dapat menjadi layanan yang tidak hanya aman dan nyaman tapi juga terjangkau untuk semua kalangan.


Direktur Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Tatan Rustandi mengatakan, tarif tersebut akan dikenakan kepada penumpang per satu kali naik. Jika dalam perjalanan penumpang perlu berpindah koridor atau rute, maka penumpang akan dikenakan tarif lagi.

"Terkait pemberlakuan tarif integrasi dan tarif khusus untuk pelajar, lansia, disabilitas, saat ini kami masih melakukan kajian dan terus berkoordinasi dengan semua stakeholder terkait. Harapan kami ke depannya dapat segera diimplementasikan," kata Tatan dalam keterangannya, Rabu (17/5/2023).



Tatan menjelaskan, metode pembayaran Biskita Trans Pakuan tetap memberlakukan cashless payment menggunakan kartu non tunai seperti sebelumnya ketika masih gratis. Penumpang cukup menempelkan kartu nontunai di perangkat Tap on Bus (ToB) yang ada di dalam Biskita Trans Pakuan.

"Untuk kartu pembayaran nontunai yang dapat digunakan yaitu E-money dari Bank Mandiri, Tap Cash dari BNI, Flazz dari BCA serta Brizzi dari BRI," jelasnya.

Layanan Biskita Trans Pakuan di Kota Bogor merupakan percontohan dari skema pembelian layanan atau Buy The Service sebagai upaya dan strategi Kementerian Perhubungan untuk menstimulan penyediaan dan pengembangan transportasi massal berkelanjutan.


"Diharapkan dengan pemberlakuan tarif Biskita Trans Pakuan ini dapat memberikan stimulus terhadap pelayanan angkutan umum massal lain di Kota Bogor untuk meningkatkan kualitasnya sehingga tercipta iklim persaingan yang sehat," pungkasnya.

Diketahui, Biskita Trans Pakuan resmi diluncurkan BPTJ bersama Pemerintah Kota Bogor pada 2 November 2021. Pada tahap pertama, terdapat 10 bus yang diuji coba secara gratis untuk koridor 5 dengan rute Stasiun Bogor-Ciparigi PP.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3139 seconds (0.1#10.140)