7 Wisata Keren di Kota Tua Jakarta, Cocok untuk Habiskan Waktu Akhir Pekan

Kamis, 04 Mei 2023 - 15:49 WIB
loading...
7 Wisata Keren di Kota Tua Jakarta, Cocok untuk Habiskan Waktu Akhir Pekan
Terdapat sedikitnya tujuh wisata keren di Kota Tua Jakarta yang bisa dikunjungi. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tujuh wisata keren di Kota Tua Jakarta yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Stasiun Jakarta Kota yang memiliki gaya bangunan unik dan menarik.

Kota Tua Jakarta merupakan destinasi wisata populer di ibu kota. Tercatat, kawasan tersebut menyimpan banyak tempat menarik yang selalu dikunjungi wisatawan. Berikut daftarnya.


Deretan Wisata Keren di Kota Tua Jakarta

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Tempat bersejarah ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Tua Jakarta yang wajib disinggahi para pelancong.

Mengutip laman Jakarta Tourism, Selasa (2/5/2023), Museum Fatahillah ini dulunya merupakan gedung balaikota di era VOC. Dibangun dengan gaya arsitektur Neoklasik khas Istana Dam di Amsterdam, museum ini menyimpan banyak koleksi bersejarah di dalamnya.

Meski beberapa kali mengalami renovasi, tetapi museum ini masih mempertahankan struktur bangunan aslinya. Bagi Anda yang tengah mengunjungi Kota Tua, wajib untuk mencoba destinasi satu ini.

2. Taman Fatahillah

Masih berada di kompleks Museum Fatahillah, terdapat sebuah area taman yang cukup populer di Kota Tua. Tempat ikonik ini memiliki tampilan dan suasan yang cocok untuk berfoto-foto.

Tak hanya itu, pengunjung yang datang juga bisa menyewa sepeda ontel untuk berkeliling. Singkatnya, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman, pasangan, hingga keluarga.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Adapun lokasi tepatnya adalah Jalan Pos Kota No. 2, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Mengutip laman Dinas Kebudayaan Jakarta, gedung museum tersebut dibangun dari tahun 1866 hingga 1870 oleh arsitek bernama Jhe W.H.F.H. Van Raders dengan gaya arsitektur Eropa Empire atau Neo Classic.

Sebelum ditetapkan menjadi museum, bangunan tersebut memiliki banyak fungsi yang berbeda. Dari kantor Dewan Keadilan Batavia, asrama anggota NMM, gudang logistik, hingga kantor Walikota Jakbar.

Saat ini, museum tersebut dikelola oleh Unit Pengelola Museum Seni Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Berbagai jenis koleksi yang dimiliki di dalamnya adalah sketsa, lukisan, patung/totem, hingga keramik dari dalam dan luar negeri.


4. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota banyak dikenal juga sebagai Stasiun Beos yang merupakan kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)