7 Wisata Keren di Kota Tua Jakarta, Cocok untuk Habiskan Waktu Akhir Pekan

Kamis, 04 Mei 2023 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Salah satu stasiun tertua di Indonesia ini memiliki gaya bangunan khas era Belanda. Selain itu, tempat tersebut juga sudah ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya berdasarkan SK Gubernur No. 475 Th. 1993, 29 Maret 1993 dan SK Menbudpar No: PM.13/PW.007/MKP/05, 25 April 2005.

5. Museum Wayang

Wisata keren di Kota Tua Jakarta berikutnya adalah Museum Wayang. Bukan sekadar liburan biasa, pengunjung akan mendapat tambahan ilmu dengan mendatangi destinasi ini, khususnya terkait pewayangan.

Pada museum ini, terdapat banyak koleksi wayang dari berbagai zaman dan era yang berbeda. Selain itu, tempatnya pun memiliki desain bangunan yang unik dan instagramable.

6. Museum BI

Museum Bank Indonesia (BI) berada di kawasan bersejarah Kota Tua, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No 3, Jakarta Barat. Melalui tempat ini, pengunjung dapat mengenal sejarah yang lebih dalam, khususnya terkait uang Indonesia.

Tak hanya memiliki tampilan bangunan dengan ruangan-ruangan unik, museum ini juga menyimpan banyak koleksi mata uang kuno yang langka.

7. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan menjadi salah satu cagar budaya di Jakarta. Ikon sejarah di Kota Tua ini telah banyak berganti nama sejak dulu.

Nama Jembatan Kota Intan sendiri tersemat pasca Proklamasi Kemerdekaan. Alasannya karena tempat tersebut letaknya dekat dengan salah satu Bastion Kastil Batavia bernama Bastion Diamant (Intan).

Pada 7 September tahun 1972, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin menetapkan Jembatan Kota Intan sebagai Benda Cagar Budaya.

Itulah sederet tempat wisata keren di Kota Tua Jakarta yang dapat dikunjungi. Jadi, mau kemana hari ini?
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)