Polresta Bandara Soetta Kawal Kedatangan 385 WNI yang Dievakuasi dari Sudan

Jum'at, 28 April 2023 - 20:45 WIB
loading...
Polresta Bandara Soetta Kawal Kedatangan 385 WNI yang Dievakuasi dari Sudan
Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan pengamanan langsung kedatangan 385 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
TANGERANG - Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan pengamanan langsung kedatangan 385 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan. Ratusan WNI itu dievakuasi menyusul terjadinya konflik antara militer dengan pasukan milisi Rapid Support Force (RSF) di negara itu.

"Atas arahan Bapak Wakapolda Brigjen Pol Suyudi Ario Seto yang hadir menyambut seluruh saudara-saudara WNI dari Sudan, kami memberikan pelayanan kepolisian, baik memberikan kebutuhan informasi, dan juga memberikan rasa nyaman dengan membagikan makanan dan minuman. Terutama bagi anak-anak, setelah mereka menempuh perjalanan jauh dari Sudan," kata Kapolresta Bandara Soetta Kombes Roberto Pasaribu, Jumat (28/4/2023).

Pengamanan yang dilakukan personel Polresta Bandara Soetta terhadap WNI yang dievakuasi dari Sudan itu mulai turun dari pesawat hingga menaiki bus menuju tempat penginapan sementara di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.


WNI yang dievakuasi tahap pertama ini sebanyak 385 orang menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 991 rute Jeddah (JED)-Jakarta (CGK), dan landing di Terminal 3 Bandara Soetta sekitar pukul 05.46 WIB.

Kabag Ops Polresta Bandara Soetta Kompol Alvin Pratama menjelaskan, sekitar pukul 06.53 WIB secara bertahap seluruh WNI tersebut memasuki Lounge Umrah dan disambut oleh personel Polresta Bandara Soetta. Mereka langsung membagikan makanan ringan dan minuman kepada seluruh WNI sambil melakukan pelayanan Pendaftaran EMEI oleh Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta.

Selanjutnya, secara bertahap seluruh WNI menaiki 12 bus yang sudah disiapkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Mereka kemudian menuju penampungan sementara di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.



Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebutkan, 385 WNI yang baru tiba di Jakarta tersebut terdiri dari 248 perempuan, 137 laki-laki, dan di antara mereka terdapat 43 anak-anak.

"Para WNI tersebut untuk sementara akan diinapkan di Asrama Pondok Gede, dikarenakan sudah melalui proses evakuasi yang panjang dan melelahkan. Pemulangan ini merupakan tahap yang pertama dan diketahui ada 902 WNI yang akan dipulangkan. Pemulangan evakuasi dari Sudan Ke Indonesia akan dilakukan secara bertahap," kata Menlu Retno di Lounge VIP Terminal 3 Bandara Soetta.

Rencananya akan dilakukan pemulangan kembali tahap kedua sebanyak 394 WNI pada Minggu 30 April 2023 pukul 05.30 WIB melalui Bandara Soekarno Hatta.

Retno menyampaikan terima kasih kepada semua instansi yang terlibat dalam membantu pemulangan WNI dari Sudan ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, TNI pada hari ini mengevakuasi 115 WNI dari Sudan ke Jeddah.

"Mudah-mudahan kegiatan evakuasi WNI dari Sudan ke Jeddah dapat berjalan aman dan lancar, mengingat Pangkalan Udara di sana merupakan tempat strategis untuk melakukan evakuasi oleh berbagai negara," kata Panglima TNI.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)