Libur Lebaran 2023 di Taman Mini Ada Lapak Baca Buku Gratis

Minggu, 23 April 2023 - 16:45 WIB
loading...
Libur Lebaran 2023 di Taman Mini Ada Lapak Baca Buku Gratis
Edi Dimyati (45) warga asal Cibubur, Jakarta Timur membuka lapak baca buku gratis di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Foto/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jakarta untuk liburan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. Nah, di tengah keramaian kawasan wisata Jakarta Timur itu ada seorang pria yang justru datang untuk membuka lapak baca buku gratis.

Dia adalah Edi Dimyati (45) warga asal Cibubur, Jakarta Timur. Hari ini, ia membuka lapaknya dalam rangka Hari Buku Sedunia di Tugu Api, dan menjadi sasaran pengunjung TMII untuk berpiknik.

“Hari ini saya di Taman Mini dengan kargobaca, itu adalah sepeda perpustakaan yang bergerak menghadirkan perpustakaan di mana-mana,” ujar Edi saat ditemui MNC Portal Indonesia, Minggu (24/3/2023).





Edi menjalankan kegiatan itu bukan untuk meraup keuntungan dari pengunjung yang diketahuinya akan ramai berdatangan. Kegiatannya semata-mata dilakukan untuk berbagi informasi.

“Tujuannya ingin berbagi informasi karena di rumah juga banyak buku. Kalau di rumah kan yang bisa mengakses hanya saudara dekat. Makanya ini dilakukan untuk menyuguhkan kepada masyarakat luar,” tuturnya.

Khusus hari ini, Edi membawa paketan buku yang mayoritas merupakan bacaan milik anak-anak. Dirinya sudah memprediksi bakal banyak anak-anak yang dibawa untuk berkunjung di TMII.

Lebih dari itu disediakannya lapak buku ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak kekiniaan. Apalagi, tepat hari ini juga diperingati dengan Hari Buku Sedunia.

“Fleksibel tergantung tempat yang dikunjungi. Tapi kebetulan sekarang bertepatan hari buku sedunia dan banyak anak-anak yang datang ke sini jadi membawa buku anak,” ungkapnya.

Aksi lain yang dilakukan Edi ialah memberikan ‘Harta Karun’ buku untuk seluruh pengunjung yang berada di kawasan TMII. Buku-buku itu sudah diletakkannya di tempat-tempat khusus yang bisa ditemui warga.

“Saya kemas bukunya bersampul cokelat dan diletakkan di sudut-sudut yang bisa ditemui warga. Jadi kalau yang sudah menemukan, boleh dibawa pulang,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)