Jelang Lebaran, 3.000 Anak Yatim Diajak Belanja Serentak di Mal

Selasa, 18 April 2023 - 05:30 WIB
loading...
Jelang Lebaran, 3.000 Anak Yatim Diajak Belanja Serentak di Mal
Laznas Sahabat Yatim kembali menggelar program unggulannya pada Ramadan, Belanja Yatim. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Laznas Sahabat Yatim kembali menyelenggarakan salah satu program unggulannya pada Ramadan , Belanja Yatim. Tahun ini adalah kali ketiga Sahabat Yatim berbagi kebahagiaan dengan ribuan anak yatim lewat berbelanja seru jelang Lebaran .

Direktur Funding Laznas Sahabat Yatim, Irvan Ridwan mengatakan, Program Belanja Yatim dilaksanakan serentak di 37 titik di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak yatim yang tak pernah rasakan berburu baju Lebaran dengan orang tua.

"Belanja Yatim ini pertama kali diinisiasi pada tahun 2010 atau 2011. Antusiasme masyarakat saat itu luar biasa, makanya tahun 2022 lalu kita coba bangkitkan kembali. Titik penyelenggaraan diperbanyak, jumlah anak yatim yang ingin kita bahagiakan juga lebih besar lagi, 3.000 anak," kata Irvan dalam keterangan tertulis, Senin 17 April 2023.

Tahun ini, Sahabat Yatim menggaet Cahaya Departemen Store Bintaro Plaza yang menjadi titik utama seremoni kegiatan Belanja Yatim di Tangerang Selatan dengan total 500 senyum dan tawa terukir pada anak yatim yang berhasil diajak berbelanja hari itu.



"Ada satu genk adik-adik yang kita ajak, sekitar belasan. Saya perhatikan mereka tidak belanja, malah bermain di tangga jalan, eskalator. Kelihatan mata mereka berbinar, tampak sangat excited. Saya tanya kenapa main di situ, adik ini jawab, ini pertama kali dia ke mal, pertama kali lihat tangga jalan," tutur Irvan terharu.

CEO Sahabat Yatim Bobby Satria menjelaskan, Program Belanja Yatim tidak untuk mengajarkan perilaku konsumtif, melainkan ada kesan dan pesan yang digenggam anak yatim.

"Pesan bahwa anak-anak harus bersyukur dengan hidup yang kita punya hari ini. Bersyukur pada orang-orang baik yang di hatinya terus tumbuh semangat berbagi, mereka yang harus didoakan," katanya.

Bobby berharap nantinya program ini tak hanya ada di momentum Ramadan dan Lebaran, tapi juga pada momentum lainnya.

"Saat ini memang yang baru digunakan adalah momentum Lebaran, padahal ada momentum bagus sebenarnya yang harapannya nanti bisa kita pakai untuk belanja yatim, yaitu ketika masa kenaikan kelas atau tahun ajaran baru. Belanjanya ya perlengkapan sekolah," ujarnya.

Acara yang turut dihadiri Lista Hurustiati, Ketua Tim Fasilitasi CSR Kota Tangerang Selatan itu ditutup dengan buka puasa bersama. Sejalan dengan sang CEO, Irvan pun berharap program Belanja Yatim tak berhenti di sini.

"Semoga even ini bisa jadi even annual-nya Sahabat Yatim, jadi tidak terputus di tahun ini saja. Tapi bisa hadir di setiap tahun, bahkan pada momentum-momentum lainnya," katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)