Srikandi PDDI Gelar Kegiatan Donor Darah dan Santunan Anak Yatim

Kamis, 13 April 2023 - 21:58 WIB
loading...
Srikandi PDDI Gelar Kegiatan Donor Darah dan Santunan Anak Yatim
Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia (PDDI) yang menggelar acara donor darah hingga santunan anak yatim. Foto/Syifa Fauziah
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadan momen tepat untuk berbagi kebaikan. Hal itu juga yang dilakukan oleh Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia (PDDI) dengan menggelar acara donor darah hingga santunan anak yatim.

Srikandi PDDI bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta sebagai pelaksana dan sebagai yang nenyalurkan darah kepada yang membutuhkan. Acara tersebut berlangsung di Aula Masjid Assasahara, Kompleks Wali Kota Administratif Jakarta Barat.

Ketua Srikandi PDDI Nunun Daradjatun mengatakan, meski sedang berpuasa tak menghalangi masyarakat untuk melakukan kegiatan donor darah. Sebagaimana keputusan Komisi Fatwa MUI DKI Jakarta pada tanggal 24 Juli 2000 bahwa donor darah bagi orang yang sedang menjalankan ibadah puasa tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang tersebut.

Pasalnya, selama ini tidak sedikit orang yang membutuhkan sumbangan darah. Sementara, stok darah yang tersedia di bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) kurang jumlahnya. "Apalagi tujuan donor darah ini untuk membantu sesama. Insyaallah malah akan dilipatgandakan pahalanya ketika dilakukan di bulan suci Ramadan yang notabene merupakan bulan yang lebih baik dari seribu bulan," ujar Nunun dalam acara Donor Darah dan Bakti Sosial Srikandi PDDI di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Selain itu, lanjut istri dari Ketua Umum Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) yang juga Anggota Komisi III DPR RI sekaligus mantan Wakapolri Komjen (Purn) Adang Daradjatun ini, donor darah juga bermanfaat untuk pendonor itu sendiri. “Karena dengan donor darah secara rutin dapat merangsang pembentukan sel darah merah yang baru, sehingga membuat tubuh lebih sehat," ujarnya.



Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah Santi Tio mengatakan bahwa sejatinya kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin Srikandi PDDI setiap tiga bulan sekali. Kebetulan kegiatan kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

“Sebagai wujud terima kasih dan apresiasi, dalam donor darah kali ini, kami Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia juga menyediakan ratusan paket sembako yang dikhususkan bagi para pendonor darah."

Santi Tio mengatakan, pihaknya memberikan santunan kepada 300 anak yatim dari Yayasan Muhammadiyah Cabang Kembangan, Jakarta Barat. Nunun dan Santi berharap agar kegiatan donor darah plus santunan anak yatim ini bisa membantu sesama, sekaligus juga menjadi ajang yang tepat untuk meraih keberkahan dari seribu berkah Ramadan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2593 seconds (0.1#10.140)