Jelang Ibadat Jumat Agung, Tim Penjinak Bom Sterilisasi Gereja di Kota Tangerang

Jum'at, 07 April 2023 - 14:23 WIB
loading...
Jelang Ibadat Jumat Agung, Tim Penjinak Bom Sterilisasi Gereja di Kota Tangerang
Tim penjinak bom (Jibom) melakukan sterilisasi di sejumlah gereja Kota Tangerang jelang peribadatan Jumat Agung perayaan Hari Raya Paskah bagi umat Kristiani. Foto: MPI/Isty
A A A
TANGERANG - Tim penjinak bom (Jibom) melakukan sterilisasi di sejumlah gereja Kota Tangerang jelang peribadatan Jumat Agung perayaan Hari Raya Paskah bagi umat Kristiani. Sterilisasi sudah dilakukan sejak Rabu Abu, Kamis Putih, hingga Sabtu Suci dan Minggu Paskah.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, tim Jibom diturunkan untuk memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebelum melakukan kegiatan peribadatan, sterilisasi dilaksanakan oleh Jibom Gegana Polda Metro Jaya. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk gangguan kamtibmas" ungkap Zain, Jumat (7/4/2023).


Zain menyebut selama sterilisasi tidak ditemukan potensi kerawanan, termasuk adanya benda yang mencurigakan seperti bom maupun bahan peledak lain. Situasi aman dan kondusif.

"Pengamanan kita lakukan secara humanis dan persuasif. Mulai dari skema parkir hingga pemeriksaan barang bawaan jemaat, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," tukasnya.

Untuk pengamanan, sebanyak 230 personel gabungan dari TNI, Polri, dan pemerintah diterjunkan.


Kabag Ops Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Chandra Mata Rohansyah mengatakan, rangkaian pengamanan paskah di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota meliputi kegiatan Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah.

"Seluruh kegiatan pengamanan dilakukan gabungan TNI, Polri, dan pemerintah daerah dan unsur terkait," jelas Chandra.

Chandra juga mengingatkan seluruh personel pengamanan agar selalu waspada, untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas maupun kerawanan yang ditimbulkan di setiap gereja dan lokasi lain yang digunakan pada perayaan Paskah.

"Laksanakan tugas pengamanan dengan sebaik-baiknya, agar wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota selalu aman dan kondusif," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)