1.275 Balita di Sawangan Depok Akan Diberi Vaksin Polio

Rabu, 05 April 2023 - 19:12 WIB
loading...
1.275 Balita di Sawangan Depok Akan Diberi Vaksin Polio
Kota Depok mencanangkan dimulainya PIN submin Polio SE Jawa Barat. Sebanyak 1.275 balita dari 3 April hingga 10 April dan 10-13 April 2023 ditargetkan menerima vaksin Polio. Foto: KORAN SINDO/Hasiholan Siahaan
A A A
DEPOK - Kota Depok mencanangkan dimulainya Pekan Imunisasi Nasional submin Polio SE Jawa Barat. Sebanyak 1.275 balita dari 3 April hingga 10 April dan 10-13 April 2023 ditargetkan menerima vaksin Polio.

PIN Polio dilakukan serentak di Jabar karena ditemukan satu kasus di Purwakarta. Ditemukannya anak berusia 5 tahun setelah hasil laboratorium dinyatakan positif Polio.

Walaupun ada 1 orang terkena Polio, balita di Jabar wajib divaksin Polio. Karena Polio tidak ada obatnya dan berdampak hingga masa tua akibat penyakit tersebut.

Untuk bayi yang sehat ditetes dua kali demi pencegahan agar mereka tidak terkena Polio. Saat ini Kota Depok serentak melakukan gerakan imunisasi Polio.

Kegiatan langsung dicanangkan Wali Kota Depok Mohamad Idris, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, dan Sekda Supian Suri. Mereka mendatangi seluruh kecamatan dan kelurahan untuk memantau secara langsung pemberian vaksin kepada anak-anak yang rawan terkena virus Polio.

"Pemberian vaksin Polio penting untuk mencegah anak-anak kita dari penyakit Polio yang belum ada obatnya,” ujar Idris di Cilodong, Depok, Senin (3/4/2023).

Seluruh aparatur pemerintah daerah harus turun menyosialisasikan dan mengajak warga yang memiliki bayi atau anak berusia 1 sampai 4 tahun untuk mendapatkan imunisasi Polio.

Camat Sawangan Anwar Nasihin menuturkan di setiap Posyandu ada target untuk pemberian vaksin Polio. Misalkan balita di setiap RW akan didatangi petugas Puskesmas ke rumah-rumah warga untuk memastikan anak-anak semuanya mendapatkan PIN Polio.

Untuk Polio serentak ini tersedia di Puskesmas dan diberikan gratis. Hingga kini, Kota Depok belum ditemukan bayi yang terkena Polio.

Untuk pencegahan KLB Polio yang ditemukan di Kabupaten Purwakarta dianjurkan pemberian vaksin Polio gratis diberikan ke seluruh warga di 28 wilayah kabupaten/kota. Karena sifatnya menular dan kalau sudah kena tidak ada obatnya sampai tua, antisipasinya memberikan vaksin Polio.

Adapun bayi yang rawan terkena Polio adalah di usia 0-59 minggu atau 1 sampai usia 4 tahun. Untuk warga Sawangan, Camat mengimbau orang tua membawa anak-anaknya segera ke Posyandu, Puskesmas atau tempat Faskes lainnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)