Sejarah Bekasi, Peninggalan 5 Kota Kerajaan Kuno dengan Peradaban Tertua Segara Pasir Tahun 2 Masehi

Minggu, 02 April 2023 - 05:34 WIB
loading...
Sejarah Bekasi, Peninggalan 5 Kota Kerajaan Kuno dengan Peradaban Tertua Segara Pasir Tahun 2 Masehi
Warga memperlihatkan benda arkeologi peninggalan peradaban kuno Kerajaan Segara Pasir di Kampung Buni, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Foto/Antara
A A A
BEKASI - Bekasi merupakan wilayah di Provinsi Jawa Barat yang berada di timur DKI Jakarta. Selain ditemukan peninggalan, beberapa ahli sejarah menyebut wilayah Bekasi mempunyai sejarah panjang dengan peradaban kerajaan kuno di Tanah Pasundan.

Manusia sebelum masehi menjadikan wilayah Bekasi sebagai tempat tinggal dan tempat memulai peradaban baru awal tahun masehi. Selain peradaban, lima kerajaan kuno pernah menjadikan Bekasi pusat kota kerajaan dibawah kekuasaanya.

Hal itu dibuktikan beberapa temuan melalui prasasti maupun artefak yang menyebutkan asal mula Bekasi. Asal-usul Bekasi secara filologis berasal dari kata Candrabhaga. Kata Candra berarti bulan atau Sasi dalam bahasa Jawa Kuno. Lalu Bhaga berarti bagian.



Bekasi pernah dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan Ibu Kota Tarumanegara dengan raja yang berkuasa Purnawarman. Kerajaan Padjajaran menjadikan wilayah Bekasi juga masuk wilayah kekuasaannya dengan membangun sebuah kota sebagai jalur ekonomi.

Tak hanya Padjajaran, Kerajaan Sumedanglarang bagian dari Kerajaan Mataram Kuno juga menjadikan Bekasi sebagai wilayah kekuasaanya yang sangat vital. Namun, catatan Pemkot, Pemkab, dan Pemprov Jawa Barat ada peradaban paling tertua di Bekasi.

Peradaban manusia ini dibangun Kerajaan Segara Pasir di Pesisir Utara Bekasi pada tahun 2 masehi. Kerajaan ini diyakini berkuasa sangat lama dan berdiri jauh sebelum Kerajaan Tarumanagara berkuasa di Pasundan.



Budayawan dan Sejarawan Betawi, Almarhum Ridwan Saidi sangat yakin dengan keberadaan Segara Pasir sebagai salah satu kerajaan tertua. Kerajaan Segara Pasir juga masuk dalam 46 kerajaan tertua yang pernah berkuasa di Nusantara.

Peradaban Segara Pasir dipengaruhi budaya Egypt Kuno (Mesir). Hal tersebut diperkuat dari manik-manik yang ditemukan di Situs Buni. Temuan itu membuktikan keberadaan Segara Pasir di masa lampau pernah bermukim di Utara Bekasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)