Longsor, Jembatan Darurat Cikereteg Bogor Bisa Dilintasi Motor

Sabtu, 25 Maret 2023 - 12:22 WIB
loading...
Longsor, Jembatan Darurat Cikereteg Bogor Bisa Dilintasi Motor
Polisi kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas Jembatan Cikereteg dan hanya bisa dilintasi motor. Foto/SINDOnews
A A A
BOGOR - Polisi kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas Jembatan Cikereteg yang berada di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Jembatan bailey atau darurat yang telah terpasang imbas longsor kini hanya digunakan untuk motor.

”Mengingat pengerjaan tiang pancang permanen itu getarannya menimbulkan longsoran kecil dan dikhawatirkan akan semakin meluas,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto kepada wartawan, Sabtu (25/3/2023).



Jembatan tersebut memang sebelumnya dapat dilintasi oleh mobil secara bergantian. Tetapi, demi keamanan tersebut mobil sudah tidak bisa melintas dan dialihkan melalui jalur alternatif atau Tol Bocimi.

”Untuk fondasi-fondasi jembatan bailey itu kan kalo misalkan muatan mobil-mobil itu bisa melintas takutnya pondasinya. Jadi lebih baik saat ini dilalui oleh roda dua saja. Kalau motor 24 jam,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang menggunaan angkutan umum bisa berhenti di ujung jembatan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Setelah melintasi jembatan, dapat kembali menyambung kendaraan umum.



”Kalau angkot sudah paham, mereka jadikan shelter, yang dari Ciawi berhenti di Jembatan Cikereteg. Kemudian yang mengarah Caringin jalan kaki menyebrangi jembatan mengarah ke pom bensin kemudian ke arah Caringin,” tutupnya.

Seperti diketahui, hujan intensitas tinggi membuat Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kabupaten Bogor mengalami longsor susulan pada Senin 27 Februari 2023. Alhasil, jembatan tersebut ditutup sehingga semua kendaraan tidak bisa melintas.

Kementerian PUPR telah membangun jembatan bailey atau jembatan darurat pada 13 Maret 2023. Jembatan itu digunakan sementara sambil menunggu proses perbaikan jembatan secara permanen.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)