Jembatan Cikereteg Bogor Ambles: Cuma Satu Jalur, Kendaraan Gantian Jalan

Jum'at, 24 Februari 2023 - 18:26 WIB
loading...
Jembatan Cikereteg Bogor Ambles: Cuma Satu Jalur, Kendaraan Gantian Jalan
Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor yang ambles kondisinya makin mengkhawatirkan. Foto: Dok Polisi
A A A
BOGOR - Jembatan Cikereteg di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Caringin, Kabupaten Bogor yang ambles kondisinya makin mengkhawatirkan. Jalur yang terpakai hanya satu dan kendaraan saling bergantian jalan alias buka tutup.

"Kondisi keretakan tanahnya hampir setengah," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, Jumat (24/2/2023).

Kondisi diperparah masih banyak truk atau kendaraan tonase besar nekat melintas. Ditambah, cuaca di Bogor terus diguyur hujan setiap harinya.
Baca juga: Jembatan Penghubung Dua Kampung di Kabupaten Bogor Ambles

"Kendaraan besar nggak boleh, tapi masih ada yang nyuri-nyuri lewat. Setiap hari juga hujan, makanya kendaraan besar jangan melintas karena mempercepat ambles," ujarnya.

Untuk mencegah meluasnya dampak tanah ambles, polisi memberlakukan buka tutup jalan dari kedua arah di sekitar lokasi. Kendaraan bertonase berat dipaksa lewat akses Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

"Saat ini buka tutup dan membatasi kendaraan yang boleh melintas hanya golongan 1 atau minibus. Truk menggunakan jalan tol," ucap Ardian.

Untuk perbaikan, PUPR sedang membuat akses jalan alat berat ke bawah jembatan. Sedangkan, pengerjaan fisik masih menunggu evakasi jalur kabel dan pipa gas.

Diketahui, Jembatan Cikereteg ambles sejak November 2022. Penyebab amblesnya karena tanah terkikis kali di bawah jembatan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)