5 Makam Habib di Jakarta yang Biasa Didatangi Peziarah

Jum'at, 24 Maret 2023 - 18:03 WIB
loading...
5 Makam Habib di Jakarta yang Biasa Didatangi Peziarah
Masjid Jami Keramat Luar Batang atau popular Masjid Luar Batang di Jakarta Utara di dalamnya terdapat makam Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau lebih dikenal Habib Husein atau Habib Luar Batang. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 5 makam habib di Jakarta yang biasa didatangi peziarah baik dari Jabodetabek maupun luar wilayah Jabodetabek. Tujuannya, peziarah berharap mendapat barokah dari para wali.

Lima makam habib di Jakarta ini mudah disinggahi dan dapat ditempuh dalam waktu satu hari saja. Berikut 5 makam habib di Jakarta:
Baca juga: Makam Keramat Tajug dan Kisah Putra Sultan Ageng Tirtayasa Mengislamkan Tangerang

1. Makam Luar Batang
Masjid Jami Keramat Luar Batang atau popular Masjid Luar Batang adalah sebuah bangunan ibadah bersejarah yang berada di Penjaringan, Jakarta Utara. Di masjid ini terdapat makam seorang ulama bernama Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Alaydrus atau lebih dikenal Habib Husein atau Habib Luar Batang.

2. Makam Habib Ali Kwitang
Makam Habib Ali Kwitang terdapat di dalam Masjid Kwitang yang berada dekat Tugu Tani dan Gambir. Dijuluki Habib Ali Kwitang karena rumah dan makamnya terletak di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat.

3. Makam Al Hawi Condet
Makam ini terletak di Condet, Jakarta Timur yang berada dalam sebuah kompleks makam para ulama dan habib terkenal. Sejumlah habib karismatik yang dimakamkan yakni Habib Zain bin Abdullah Alaydrus, Habib Salim bin Jindan, Habib Ali bin Husein Alatas, serta Habib Umar bin Hud Alatas.

4. Masjid Al-Mukarramah, Kampung Bandan
Ada tiga makam di sekitar Masjid Al-Mukarramah, Kampung Bandan yang berada di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Tiga makam itu yaitu makam Habib Muhammad bin Umar Al-Qudsi (wafat 23 Muharam 1118 H/1698 M), Habib Ali bin Abdurrahman Ba’alwi (wafat 15 Ramadan 1122 H/1702 M), serta Habib Abdurahman bin Alwi Asy-Syathri (wafat 18 Muharam 1326 H/1906 M) yang juga pendiri Masjid Al-Mukarramah.

5. Makam Habib Kuncung Kalibata
Masjid At Taubah Pancoran berdiri kokoh di kawasan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Masjid ini kerap dikunjungi peziarah karena di kompleks masjid itu terdapat makam seorang ulama terkenal yakni Habib Ahmad bin Alwi Al Hadad atau Habib Kuncung.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)