Profil Tri Adhianto, Plt Wali Kota Bekasi yang Tak Hafal Sila Ke-4 Pancasila Ternyata Bergelar Doktor

Selasa, 21 Maret 2023 - 15:36 WIB
loading...
Profil Tri Adhianto, Plt Wali Kota Bekasi yang Tak Hafal Sila Ke-4 Pancasila Ternyata Bergelar Doktor
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono. Foto: Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono menjadi perbincangan netizen karena tidak hafal Pancasila . Dia keliru menyebutkan Sila Ke-4 Pancasila.

Momen ini terjadi saat Tri memimpin pembacaan Pancasila pada pembukaan kegiatan Bekasi Bersalawat di Stadion Patriot Chandrabaga, Sabtu (18/3/2023).

Video yang memperlihatkan Tri membaca Pancasila tersebar melalui Instagram @bekasi_24_jam itu menarik perhatian masyarakat. Atas kejadian tersebut, Tri meminta maaf atas kekhilafannya.
Baca juga: Tri Adhianto Resmi Plt Wali Kota Bekasi Usai Rahmat Effendi Ditangkap KPK

Ingin tahu kan bagaimana profil Tri Adhianto, Plt Wali Kota Bekasi? Berikut karier dan rekam jejaknya hingga menjadi pucuk pimpinan di Kota Bekasi.

Pria dengan nama lengkap Dr Tri Adhianto Tjahyono lahir di Jakarta 3 Januari 1970. Pada tahun 1999, dia berhasil menjadi sarjana/S1. Selanjutnya, pada 2000 Tri lulus program S2. Dia kemudian merampungkan pendidikan S3 atau Doktor pada tahun 2012.

Tri pernah menempati beberapa jabatan strategis dalam pemerintahan. Dia merupakan birokrat tulen di Kota Bekasi.

Mengutip laman bekasikota.go.id, Tri pernah menjadi Kasie Pengendalian dan Keselamatan Lalu Lintas pada Teknik Lalu Lintas (Lalin) Dishub Kota Bekasi tahun 2004. Pada 2008, Tri menjabat Kabid Teknik Lalin Dishub Kota Bekasi.

Dia juga pernah menduduki Sekretaris Dinas Bina Marga dan Tata Air tahun 2011. Lalu, Tri dipercaya menjabat Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air tahun 2013.

Pada 2018, kariernya melesat dengan menempati posisi Wakil Wali Kota Bekasi mendampingi Rahmat Effendi. Setelah itu, Tri menjabat Plt Wali Kota Bekasi terhitung sejak 7 Januari 2022.

Ditunjuknya Tri sebagai Plt Wali Kota Bekasi karena Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi terlibat kasus dugaan korupsi pada 2022 lalu.

Tri dikenal sebagai sosok pribadi yang merakyat. Melalui akun media sosialnya, dia kerap berinteraksi dengan masyarakat kemudian disebarkan lewat Instagram maupun Facebook.

Diketahui, Tri juga kader PDIP. Dalam sebuah kesempatan, Tri belum dapat memutuskan maju atau tidak pada Pilkada Kota Bekasi 2024. Sebab, semuanya tergantung perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4155 seconds (0.1#10.140)