Luncurkan Serangan Mematikan, Jet Tempur Turki Bombardir Kurdi

Senin, 07 September 2015 - 17:43 WIB
Luncurkan Serangan Mematikan, Jet Tempur Turki Bombardir Kurdi
Luncurkan Serangan Mematikan, Jet Tempur Turki Bombardir Kurdi
A A A
ANKARA - Pesawat-pesawat jet tempur Turki meluncurkan serangan mematikan dengan membombardir basis-basis pasukan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) semalam. Serangan itu diluncurkan setelah 16 tentara Turki yang konvoi tewas diserang militan Kurdi.

Pihak PKK mengatakan, serangan militer Turki itu merupakan serangan paling mematikan sejak gencatan senjata kedua kubu yang sudah berlangsung dua tahun, runtuh pada Juli 2015. PKK mengklaim telah menewaskan 15 anggota pasukan bersenjata Turki dalam serangan di wilayah Provinsi Hakkari, dekat Irak, hari Minggu kemarin.

Sedangkan Reuters pada Senin (7/9/2015), mengutip sumber keamanan Turki melaporkan bahwa 16 tentara Turki tewas. Konflik Turki dan Kurdi sudah berlangsung lama. Pada 2012, pemimpin Turki, Tayyip Erdogan memenjarakan pemimpin PKK, Abdullah Ocalan, sebagai upaya unutk mengakhiri pemberontakan. Konflik itu telah menewaskan lebih dari 40 ribu orang.

Erdogan dalam sebuah pernyataan dan wawancara yang dilansir stasiun televisi Haber, mengutuk serangan militan Kurdi. Dia bertekad untuk terus memerangi PKK. Erdogan juga mengklaim bahwa militer Turki telah menewaskan 2 ribu militan PKK sejak konflik kedua kubu kembali pecah.

Konflik dengan Kurdi itu terjadi bersamaan dengan keputusan Turki yang bergabung dengan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

”Dua kendaraan lapis baja kami mengalami kerusakan berat setelah peledakan bahan peledak buatan tangan di jalan. Hasil dariledakan, ada martir dan korban terluka dari kawan bersenjata kami yang heroik,” bunyi pernyataan militer Turki.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2910 seconds (0.1#10.140)