Sediakan Posko Pengungsian, Pertamina Dinilai Sigap Tangani Kebakaran Depo Plumpang

Selasa, 07 Maret 2023 - 08:25 WIB
loading...
Sediakan Posko Pengungsian, Pertamina Dinilai Sigap Tangani Kebakaran Depo Plumpang
Sejumlah korban terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang berada di posko pengungsian. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Upaya Pertamina dalam menangani kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang mendapat tanggapan positif. Mulai upaya teknis kedaruratan saat pemadaman, hingga penyiapan posko bagi warga terdampak.

Demikian disampaikan oleh Pengamat energi M Adnan Rarasina. Dia juga menilai, Pertamina sigap menangani kebakaran Depo Plumpang tersebut.

“Sigap. Ketika mulai terjadi kebakaran, Pertamina cepat berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan kepolisian. Hal itu yang membuat kebakaran bisa diatasi dalam waktu relatif singkat, sehingga menimalisasi dampak lebih luas. Apalagi Pertamina juga segera menyiapkan posko bagi warga,” kata Adnan, Selasa (7/3/2023).

Pertamina, imbuh Koordinator Indonesia Energy Watcch (IEW) ini, juga dinilai cepat memberikan bantuan logistik. Selain itu, BUMN tersebut juga memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang mengalami luka dan harus dirawat.

“Banyak korban yang kemudian dirujuk ke berbagai rumah sakit. Termasuk RS Pertamina yang memberikan pelayanan dengan baik,” kata Adnan.

Begitu pun Adnan berharap, ke depan Pertamina lebih meningkatkan faktor keamanan. “Memang terkait kesigapan menangani krisis, Pertamina layak diapresiasi. Meski demikian, mereka tetap harus meningkatkan keamanan agar ke depan peristiwa serupa tidak terulang,” kata dia.



Analis kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah juga menilai, tepat upaya Pertamina dalam menangani kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Termasuk di antaranya kesigapan dan komitmen BUMN untuk bertanggung jawab penuh dan memberikan penanganan terbaik bagi korban. "Upaya Pertamina untuk bertanggung jawab dengan memberikan bantuan kepada korban sudah tepat,” kata Trubus.

Ketua Umum Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) ini menilai, sinergi Pertamina dengan instansi terkait sudah baik sehingga mencegah dampak yang lebih besar. Dan sebagai pemilik TBBM, kata Trubus, memang sudah seharusnya Pertamina memperlihatkan tanggung jawab atas peristiwa tersebut. “Semoga peristiwa ini menjadi pelajaran, agar ke depan tak ada lagi kejadian serupa,’’ ujar dia.

Sebelumnya, manajemen Pertamina menyatakan bertanggung jawab penuh untuk memberikan penanganan terbaik bagi korban maupun keluarga korban yang terdampak kebakaran di Plumpang. Bentuk komitmen yang diberikan, antara lain penanganan kepada korban dan memenuhi kebutuhan keluarga korban saat mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Pertamina juga bertanggung jawab penuh dan menjamin seluruh biaya perawatan pasien di rumah sakit maupun keperluan keluarga saat mendampingi. Pertamina juga menyiagakan tim Pertamina Peduli di setiap rumah sakit untuk mendampingi korban dan keluarga.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)