Penyebab WC Meledak di Duren Sawit Akibat Septic Tank Tak Punya Pembuangan Udara

Jum'at, 03 Maret 2023 - 19:01 WIB
loading...
Penyebab WC Meledak di Duren Sawit Akibat Septic Tank Tak Punya Pembuangan Udara
Polisi menemukan penyebab water closet (WC) jongkok meledak di Jalan Inpres Kampung Sumur, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Polisi menemukan penyebab water closet (WC) jongkok meledak di Jalan Inpres Kampung Sumur, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Ledakan tersebut mengakibatkan wanita lansia penghuni rumah, E (57), mengalami luka bakar hingga 50 persen.

Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani Prasetyo mengungkapkan, ledakan WC jongkok tersebut diduga disebabkan septic tank tidak mengalami luapan gas asam. Ditemukan septic tank tidak memiliki saluran pembuangan udara.



"Berdasarkan hasil pengecekan TKP, sumber ledakan berasal dari kloset kamar mandi yang diduga adanya indikasi luapan gas asam dari septic tank yang tidak ada pembuangan atau sirkulasi udara," ujar Fanani, Jumat (3/3/2023).

Selain itu, berdasarkan keterangan saksi di lokasi, korban E diketahui tengah menyalakan pemantik kompor di dapurnya sebelum ledakan toilet tersebut terjadi. "Tiba tiba terjadi ledakan dari kloset kamar mandi," bebernya.



Ketua RW setempat, Munzir (46), mengatakan, korban saat insiden tersebut diketahui sedang tidak berada di kamar mandi. Korban saat itu berada di area dapur.

"Korban E sedang berada di sekitaran dapur yang kebetulan tidak jauh dari kamar mandinya," jelas Munzir.


Suara ledakan WC tersebut cukup keras hingga terdengar radius 50 meter. "Kerusakannya itu sampai mengakibatkan atap rumah pak Kusdoyo terlontar ke atas. Getarannya juga sampai dirasakan oleh warga di sekitar rumah Pak Kusdoyo," katanya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)