Miris! Puluhan Korban Banjir di Perum Villa Kencana Cikarang Terserang Diare

Jum'at, 03 Maret 2023 - 17:56 WIB
loading...
Miris! Puluhan Korban Banjir di Perum Villa Kencana Cikarang Terserang Diare
Korban banjir di pengungsian mulai terserang diare dan gatal-gatal. Foto/MPI/Ade Suhardi
A A A
BEKASI - Korban banjir di pengungsian mulai terserang diare dan gatal-gatal. Puluhan warga tersebut terpaksa mengungsi setelah tempat tinggalnya di Perumahan Villa Kencana Cikarang Kabupaten Bekasi diterjang banjir satu meter.

Ironisnya, banjir yang merendam permukiman padat penduduk tersebut terjadi sejak Jumat 24 Februari lalu. Ketinggian air awalnya hanya 60-80 cm kini menjadi satu meter akibat itensitas hujan deras dan luapan Kali Irigasi.

”Banjir sudah tujuh hari. Kemarin itu ketinggian air sekitar sepaha orang dewasa sampai ada yang sedengkul,” ucap Hernan Nabilah (31) warga di lokasi banjir, Jumat (3/3/2023).



Hernan mengatakan, genangan air sudah mulai surut dan bertahan di 80 cm. Meski begitu warga masih was-was banjir susulan.“Alhamdulillah sudah agak surut. Ada tiga pompa penyedotan dari Desa Sukajadi yang beroperasi, kemungkinan bergantian,” ucapnya.

Saat ini sebagian warga masih ada yang bertahan di pengungsian seperti di masjid perumahan tersebut, dan aula kecamatan, serta kantor desa setempat. Ada ada juga yang pulang ke rumahnya untuk mengecek barang berharga.



Petugas Puskesmas Karangbahagia, Bidan Yayu Rusmiyati mengungkapkan, pihaknya masih terus mendampingi warga yang terdampak banjir dengan mengecek kesehatan warga.”Keluhannya diare dan gatal-gatal, sudah kita kasih obat juga,” katanya.



Selain diare, kata dia, kebanyakan keluhan seperti demam batuk dan flu. Hingga kini masih banyak warga yang terus berdatangan untuk berobat atas keluhan tersebut.”Secepatnya banjir ini surut, kasihan warga yang terdampak banjir,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)