Ini Perbedaan Ancol dan Dufan yang Patut Diketahui

Rabu, 22 Februari 2023 - 20:39 WIB
loading...
Ini Perbedaan Ancol dan Dufan yang Patut Diketahui
Ada perbedaan antara Ancol dan Dufan di Jakarta Utara yang harus diketahui. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada perbedaan Ancol dan Dufan yang harus diketahui. Keduanya satu kawasan dan berada di Jakarta Utara.

Merujuk KBBI, Ancol berarti tanah yang menjorok ke laut atau tanjung. Sebelumnya, Ancol merupakan tempat perjalanan kapal dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Pajajaran sejak pemerintahan kolonial Belanda.

Diketahui, Ancol adalah nama sebuah kelurahan di Pademangan, Jakarta Utara. Pada tahun 1960, Ancol masih berbentuk rawa dan empang.
Baca juga: Ini Perbedaan Kelapa Gading dan Gading Serpong, Sudah Tahu Belum?

Presiden Soekarno kemudian mencetuskan ide mereklamasi rawa Ancol dan menjadikannya pusat rekreasi dan hiburan terbesar Jakarta.

Ancol berkembang pada masa Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin tahun 1966. Kompleks Ancol disebut Taman Impian Jaya Ancol. Fasilitas pertamanya adalah Pantai Ancol Bina Ria di mana pada tahun 1970-an terkenal memiliki bioskop mobil.

Dunia Fantasi dibangun pada tahun 1984. Area rekreasi 554 hektare itu dikenal sebagai Ancol Jakarta Bay City berisi hotel, bungalow, pantai, taman rekreasi, pasar tradisional, akuarium samudra, lapangan golf, dan marina.

Banyak tempat di Ancol yang dijadikan sebagai sarana rekreasi, edukasi, dan olahraga bersama keluarga. Tempat terkenalnya adalah pantai Ancol yang digunakan untuk sarana olahraga air dan kompleks penginapan di tepi laut.

Selain pantai dan penginapan, terdapat beberapa tempat wisata terkenal yang dibuka di Ancol yakni Sea World, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudera, Allianz Eco Park, Gondola Ancol, dan masih banyak wahana lainnya.

Nah, Dufan adalah bagian dari tempаt wisatа paling terkenal yang beradа di Ancol. Seperti namanya, Dufаn menyajikan fantasi dari wahana yаng bisa pengunjung nikmati untuk belajаr, berbelanja, berburu kuliner, nonton, dan bermаin bersama teman atаu keluargа. Wahana di Dufan cukup banyak, mulai dari yang biasa hingga ekstrem seperti Roller Coaster.

Wahana tersebut tingginya mencapai 30 meter dan bisa mengguncang adrenalin pengunjung dengan ayunan dan putaran 360 derajat. Wahana lainnya meliputi Histeria, air terjun Niagara Gara, Kicir-Kicir, Tornado, Istana Boneka, Bianglala, Kora-Kora, dan masih banyak lagi.

Tentu saja tiket masuknya juga berbeda. Bagi yang ingin mengunjungi Ancol, tiket masuk Ancol hanya Rp25.000 per orang. Sedangkan, tiket masuk Dufan sebesar Rp280.000 per orang.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)