NU Peduli Buka Posko Bantu Warga Terdampak Gempa Turki dan Suriah

Jum'at, 17 Februari 2023 - 14:53 WIB
loading...
NU Peduli Buka Posko Bantu Warga Terdampak Gempa Turki dan Suriah
NU Peduli sebagai task force gabungan lembaga dan Banom sudah melakukan koordinasi dengan memaksimalkan resources dari PCINU di Turki dan Suriah. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Nahdlatul Ulama (NU) Peduli sebagai task force gabungan lembaga dan badan otonom (Banom) sudah melakukan koordinasi dengan memaksimalkan resources dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di Turki dan Suriah. Koordinasi ini untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat terdampak gempa bumi di dua negara tersebut.

Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali Hasan Al-Bahar menyampaikan, bantuan akan diberikan setelah dilakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Pemerintah Republik Indonesia berikut Kedubes RI di Ankara dan Damaskus, aliansi kemanusiaan Indonesia, serta PCINU di Turki dan Suriah.

“Hal itu untuk memastikan bantuan yang akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan penyintas di dua negara tersebut. Selain dengan otoritas pemerintah, NU Peduli juga akan bekerja sama dengan beberapa lembaga kemanusiaan yang diakui dan disetujui oleh kedua negara tersebut,” tegas Habib Ali Hasan, Jumat (17/2/2023).

Habib Ali Hasan menambahkan, saat ini NU Peduli telah menggalang donasi untuk menggugah kepedulian masyarakat Indonesia. Khususnya warga Nahdlatul Ulama untuk membantu saudara-saudara terdampak gempa bumi di Turki dan Suriah.

NU Care-LAZISNU PBNU juga menghimpun donasi melalui rekening BCA 068 333 1926 a/n Yayasan Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah NU dan rekening Mandiri 123 000 483 8977 a/n LAZISNU. Konfirmasi donasi di nomor telepon (WA) 0813 9800 9800.

Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) PBNU Halik Rumkel menambahkan, tim NU Peduli sudah mengidentifikasi sejumlah bantuan yang akan didistribusikan.

“Bantuan yang diperlukan berupa family kit, yang terdiri dari peralatan mandi, selimut, pakaian musim dingin, pembalut wanita, popok bayi, dan terpal. Selain family kit, NU Peduli juga akan memberikan bantuan air bersih dan makanan nutrisi bagi anak-anak,” papar Halik dalam keterangan tertulisnya.



Bantuan tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya perempuan dan anak-anak, terutama dalam menghadapi musim dingin yang ekstrem. “Karena saat ini di Turki dan Suriah sedang memasuki puncak musim dingin,” ujarnya.

Halik menambahkan, untuk mengawal bantuan tersebut, NU Peduli juga akan mengirimkan sejumlah relawan yang akan bekerja sama dengan PCINU Turki dan Suriah, otoritas pemerintah dan lembaga kemanusiaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)