Ini 9 Adegan Lengkap Rekonstruksi Kasus Mahasiswa UI Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka

Kamis, 02 Februari 2023 - 15:35 WIB
loading...
Ini 9 Adegan Lengkap Rekonstruksi Kasus Mahasiswa UI Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka
Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus mahasiswa UI Muhammad Hasya Attalah Saputra tewas kecelakaan jadi tersangka yang melibatkan pensiunan polisi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023). Foto: MPI/Erfan Maaruf
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Saputra tewas kecelakaan jadi tersangka yang melibatkan pensiunan polisi atau AKBP (Purn) Eko Setio Budi Wahono. Terdapat 9 adegan diperagakan dengan disaksikan sejumlah pihak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

"Ada 9 adegan rekonstruksi yang dilakukan hari ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (2/2/2023).
Baca juga: Ikut Rekonstruksi, Begini Penampakan AKBP Purn Eko Penabrak Hasya hingga Tewas

Berikut 9 adegan lengkap rekonstruksi:

1. Saksi Eko Setio Budi Wahono pada Kamis 6 Oktober 2022 pukul 21.00 WIB mengemudikan Mitsubishi Pajero B 2447 RFS melintas di Jalan Srengseng Sawah dari utara ke selatan wilayah Jakarta Selatan. Dia hanya seorang diri dan berjalan dengan kecepatan sekitar 30 km per jam.

2. Saat tiba di depan konter dan service HP telah melihat dari jarak 5 meter ada sepeda motor Kawasaki Pulsar B 4560 KBH oleng selip dan terjatuh ke kanan.

3. Saksi Eko Setio Budi Wahono melihat sepeda motor berboncengan yang sudah menyalakan lampu sein penunjuk arah ke kanan dan berhenti di lajur tengah. Kemudian Eko melihat Kawasaki Pulsar dari arah berlawanan yang berusaha mengerem, oleng dan ambruk ke arah kanan.

4. Saksi Eko Setio Budi Wahono berusaha mengerem dan menghindar ke kiri tetapi karena jarak sangat dekat selanjutnya terjadi benturan antara Mitsubishi Pajero dengan Kawasaki Pulsar. Korban Hasya terlindas roda depan kanan dan roda belakang kanan Mitsubishi Pajero.

5. Saksi Eko Setio Budi Wahono menghentikan Mitsubishi Pajero dengan posisi serong ke kiri dan dirinya turun dari kendaraan lalu menunjukkan titik benturan ditandai adanya penyok atau rusak di Pajero dan rusaknya Kawasaki Pulsar.

6. Saksi Eko Setio Budi Wahono turun dari kendaraan dan bersama saksi Muhammad Febru Favian Safriansyah Haz memastikan posisi keberadaan Hasya dan posisi Kawasaki Pulsar.

7. Saksi Eko Setio Budi Wahono meminggirkan mobilnya dan turun dari kendaraan. Bersama saksi Fadhil Yuliansyah dan Muhammad Febru Favian Safriansyah Haz menghampiri pengendara Kawasaki Pulsar dan bersama saksi-saksi lain mengangkat Hasya ke pinggir jalan.

8. Saksi Eko Setio Budi Wahono menunjukkan letak Hasya setelah diangkat dari tengah jalan dan dipinggirkan ke tempat aman.

9. Saksi Eko Setio Budi Wahono menelepon ambulans dan 30 menit kemudian kendaraan datang. Saksi Eko dan saksi lain mengangkat Hasya ke ambulans lalu Eko mengikuti dengan mobilnya ke RS Andhika dekat TKP.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)