3 Penyebab Dibangunnya Bandara Soekarno-Hatta untuk Menggantikan Bandara Kemayoran

Kamis, 19 Januari 2023 - 16:32 WIB
loading...
A A A
Bandara Kemayoran terletak di dekat Bandara Halim Perdanakusuma. Dengan letak yang begitu dekat membuat jalur penerbangan menyilang, sehingga membahayakan jalur penerbangan.

Operasi militer di Bandara Halim Perdanakusuma berbeda dengan operasi Bandara Kemayoran. Dalam operasi Bandara Halim Perdanakusuma dulunya tidak terencana dan tergolong mendadak terutama dalam menghadapi Agresi militer I dan II.

Dikutip dari laman setneg-ppkk, bahkan beberapa pesawat dari Bandara Kemayoran pernah terkena serangan pesawat perang. Pesawat yang pernah terkena serangan perang yakni dua DC-5, dua Brewster dan sebuah F-VII.

Baca juga : Berkat Digitalisasi, Bandara Soetta Naik Peringkat ke-35 Bandara Terbaik Dunia

2. Bandara Kemayoran Tidak Layak Digunakan

Bandara Kemayoran dibangun pada tahun 1934 dengan pesawat pertamanya DC-3 Dakota milik perusahaan penerbangan Hindia Belanda Koninklijk Nederlands Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM).

Usianya yang tidak muda lagi membuat Bandara yang satu ini terpaksa ditutup. Bekas bangunan Bandara Kemayoran Jakarta sekarang ini digunakan menjadi Kompleks Pekan Raya Jakarta.

3. Memiliki Desain Daya Tampung Penumpang yang Sangat Banyak

Bandara Kemayoran merupakan bandar udara pertama yang ada di Indonesia. Maka tidak heran bandara ini menjadi bandara teramai yang ada di Indonesia.

Meskipun penerbangannya dibantu oleh Bandara Halim Perdanakusuma, jumlah penumpang pun tetap bertambah jumlahnya. Hal inilah yang menjadi salah satu utama penyebab dibangunnya Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki wilayah sangat luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)