Melihat Bengkel Perawatan Ratangga MRT Jakarta di Depo Lebak Bulus

Rabu, 07 Desember 2022 - 08:55 WIB
”Jadi kita melakukan perawatan menyeluruh dari shop in inspection, bis assembly atau fase pembongkaran semua dibongkar dari AC dibongkar, Pantograf dibongkar, Bogie (penopang roda) dilepas kemudian di bongkar,” ungkapnya.

Bahkan, air compresor juga dilepas dan dibongkar, ada breaker, ada relay, ada falve, kemudian dilakukan pembongkarandilakukan pemeriksaan dan perawatan. ”Kita rawat dengan cara dibersihkan, kita ganti elastomerinnya, ada baut, ada bosser,” ujarnya.

Proses pemeriksaan dan perawatan memakan 30-33 hari kerja untuk satu rangkaian Ratangga atau enam kereta. ”Seluruh rangkaian kereta dalam satu rangkaian. total (MRT Jakarta) 16 rangkaian berarti 96 kereta karena 1 rangkaian enam kereta,” paparnya.

MRT Jakarta sebagai MRT pertama di Indonesia telah beroperasi sejak 25 Maret 2019 dengan rute fase I yakni Lebak Bulus Grab hingga Bundaran HI. Saat ini MRT Jakarta tengah memperpanjang rute yakni Fase 2 dari Bundaran HI hingga ke Kota.

Selanjutnya untuk fase 3 atau Cikarang-Balaraja juga telah dicanangkan. Terbaru fase 4 Fatmawati-Kampung Rambutan juga turut dicanangkan dengan jalur bawah tanah seluruhnya.
(ams)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More