6 Perbedaan Jak Lingko dan Angkot Biasa

Kamis, 03 November 2022 - 23:05 WIB
Jak Lingko yang berada di bawah naungan Pemprov DKI merupakan sistem transportasi yang terintegrasi rutenya, manajemen, hingga transaksi pembayarannya. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Terdapat 6 perbedaan Jak Lingko dan angkot biasa. Adanya moda transportasi umum di Jakarta itu memudahkan mobilitas masyarakat.

Jak Lingko yang berada di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta merupakan sistem transportasi yang terintegrasi rutenya, manajemen, hingga transaksi pembayarannya. Sekilas, angkot dan Jak Lingko terlihat sama, terutama pada bentuk kendaraannya.

Baca juga: 10.047 Angkot Bakal Terintegrasi dengan Jak Lingko pada 2030

Namun, sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara Jak Lingko dan angkot. Berikut 6 perbedaan Jak Lingko dengan angkot biasa yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (3/11/2022):

1. Rute terintegrasi



Lazimnya angkot selalu menurunkan maupun menaikkan penumpang di mana saja, sekali pun jalanan sedang macet. Hal ini akan sangat membahayakan pengendara lain apabila angkot tiba-tiba berhenti. Risiko mengalami kecelakaan cukup tinggi.

Berbeda dengan Jak Lingko. Jak Lingko memiliki aturan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang hanya di halte/bus stop sehingga lebih teratur. Jika halte kosong, pengemudi Jak Lingko harus tetap berhenti untuk memastikan penumpang yang ingin naik atau turun.

2. Tidak ngetem

Bagi pengguna angkot pasti tak asing dengan istilah ngetem. Ngetem merupakan aktivitas menunggu penumpang hingga angkot terisi penuh, di satu tempat, dengan waktu yang tidak menentu. Namun, ini tidak akan Anda rasakan jika menumpang Jak Lingko.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More