6 Mahakarya Anies Selama Pimpin Jakarta, Nomor 1 dan 2 Fenomenal

Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:05 WIB


Stadion JIS. Foto: Dok SINDOnews

2. Formula E/Sirkuit Formula E-Prix Ancol Jakarta

Sirkuit Formula E-Prix Ancol Jakarta dibangun hanya dalam hitungan bulan. Banyak yang mencibir Formula E, namun ujungnya setelah sukses lebih banyak lagi yang mengacungkan jempol untuk Anies dan panitia pelaksana.

Beda dengan Sirkuit F1 yang menekankan pada faktor performa, sirkuit Formula E turut mempertimbangkan faktor efisiensi dan keberlanjutan lingkungan. Sirkuit Formula E di Ancol memiliki total panjang lintasan 2,4 km dengan lebar sirkuit 12 meter. Dalam sirkuit ini terdapat 18 tikungan dan lintasan lurus sepanjang 600 meter.

Uniknya, sirkuit ini mempunyai bentuk lintasan seperti kuda lumping sebagai perwujudan warisan nasional. Arah lintasan juga mengikuti arah jarum jam (clock wise). Seluruh landasan sirkuit diaspal, bahkan dilengkapi aspal tambahan untuk menghindari mobil balap yang terkadang overshoot (melewati batas lintasan).

Ada lima zona Sirkuit Formula E yang dapat digunakan. Mengingat struktur tanah yang lembek dan berlumpur sudah tersedia pengaman kerangka bambu di zona lima. Ditambah lagi adanya banking atau lintasan yang sengaja dibuat miring sebesar 6 derajat. Terdapat juga grandstand, paddock, dan pagar yang dipasang sepanjang lintasan untuk menambah kenyamanan penonton serta pembalap.



Sirkuit Formula E Ancol. Foto: Dok SINDOnews

3. Tebet Eco Park
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More