Uang Elektronik Digunakan di Transportasi Publik, Nomor 1 Asyik untuk Keliling Jakarta

Sabtu, 06 November 2021 - 19:11 WIB
Masyarakat dapat dengan mudah menggunakan transportasi publik di Jakarta, tanpa harus repot mengantri di loket tiket. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Masyarakat dapat dengan mudah menggunakan transportasi publik di Jakarta, tanpa harus repot mengantridi loket tiket. Sebab, pihak pengelola sudah memberikan kemudahan dengan menggunakan uang elektronik .

Calon penumpang hanya tinggal tap in, maka saldo uang elektroniknya sudah terpotong.Otomatis, bisa langsung masuk dan mengakses transportasi publik tersebut.

Berikut jenis uang elektronik yang dapat digunakan pada transportasi publik.

1. Transjakarta





Moda transportasi yang mulai beroperasi pada 2004 ini mulai menggunakan uang elektronik sebagai sistem penggunaannya sejak 2013. Melansir laman Transjakarta, pihak operator koridor tidak menerbitkan kartu khusus, namun penumpang bisa menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh bank.

Contohnya adalah Brizzi dari bank BRI, Flazz milik bank BCA, Tapcash, Kartu Aku dan Rail Card dari bank BNI. Adapun jenis kartu lainnya adalah e-money dan e-Toll card milik bank Mandiri dan JakCard dari bank DKI.

Sementara itu, tarif yang dipatok bagi para penumpang Transjakarta adalah Rp3.500.


Penggunaan kartu prabayar ini dinilai sangat praktis. Sebab, penumpang hanya tinggal tap in di pintu masuk.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More