RSU Tangsel Akui Lakukan Kelalaian Rekayasa Form Covid-19 Pasien

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 16:08 WIB
RSU Kota Tangsel. Foto: Dok SINDOnews
TANGERANG SELATAN - RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengakui telah melakukan rekayasa formulir penyelidikan epidemiologi Covid-19 terhadap pasien.

Juru Bicara RSU Kota Tangsel Lasdo mengatakan, pihak rumah sakit menanggapi laporan tersebut ke tim keselamatan pasien rumah sakit dan langsung diselidiki. Hasilnya memang terdapat kelalaian.

Baca juga: Kasus Rekayasa Form Data COVID-19 Pasien, Nakes RSU Tangsel Terancam Sanksi

"Hasil investigasi tim keselamatan pasien sementara memang ada kelalaian petugas pada saat pengisian form PE untuk permintaan pemeriksaan TCM Covid-19," ujarnya, Jumat (20/8/2021).

Waktu itu kondisi pasien hamil 39-40 minggu dengan tanda-tanda kemungkinan perlu dilakukan operasi segera dan perlu diperiksa swab TCM apakah perlu dilakukan secara prosedur Covid-19 atau tidak. "Karena keadaan tertentu di lapangan, petugas yang menganamnesa pasien meminta petugas lain mengisi form PE tersebut karena permintaan untuk pemeriksaan swab TCM Covid 19," jelasnya.



Baca juga: Ruang Perawatan Penuh, Pasien Suspect COVID-19 RSU Tangsel Meninggal Dalam Tenda Darurat

Petugas itu kemudian mengisi kolom check list sesuai kriteria Covid-19. Hal ini merupakan kelalaian fatal di mana pasien tidak Covid-19 serta merta langsung di-Covid-kan. "Petugas tersebut mengisi kolom check list sesuai kriteria Covid-19. Memang terjadi kelalaian pengisian rekam medik, namun tim keselamatan pasien tidak menemukan risiko yang membahayakan pasien," kata Lasdo.
(jon)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More