Nostalgia 3 Stadion Kebanggaan Rakyat Jakarta

Sabtu, 20 Maret 2021 - 06:25 WIB
Stadion Ikada juga pernah mencatat sejarah gemilang persepakbolaan Indonesia hingga ditakuti lawan di Asia. Dari stadion ini, lahir generasi sepakbola Ramang, Djamiat, Liong Houw, Maulwi Saelan, dan Kiat Sek. Kemudian, disusul generasi Sutjipto Suntoro, Iswadi Idris, dan Jacob Sihasale. Pada 1962, saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games IV, kegiatan olahraga berpindah ke Senayan dan Stadion Ikada pun tergusur.

Baca juga: Ini 4 Pendapat Soal Asal Usul Nama Bogor

Stadion Menteng

Dikutip dari persija.id, Stadion Menteng didirikan pada tahun 1921 dengan nama Voetbalbond Indische Omstreken Sport (Viosveld). Stadion yang dirancang oleh arsitek Belanda FJ Kubatz dan PAJ Moojen ini menjadi kebanggaan warga Jakarta karena menjadi markas klub sepakbola kesayangan mereka, Persija.



Stadion Menteng. Foto: persija.id

Sayangnya sekitar tahun 2004 stadion yang berada di atas lahan seluas 3,4 hektare itu diubah fungsinya menjadi taman kota. Pada 26 Juli 2006, stadion yang menjadi benda cagar budaya itu diratakan dengan tanah. Kini kawasan tersebut sudah menjadi Taman Kota Menteng.

Sejumlah mantan pemain Persija memiliki kenangan tersendiri terhadap Stadion Menteng. Lapangan yang terletak di tengah kota Jakarta itu menjadi tempat para pemain berjuang demi Persija.

Elie Aiboy, eks pemain sayap Persija mengaku beruntung pernah merasakan berlatih dan tinggal di Stadion Menteng. “Stadion Menteng itu sangat luar biasa. Berada di tengah pusat kota ada lapangan di situ. Saat itu Menteng juga menjadi identitas Persija. Saya masih ingat usai latihan kita berkumpul bersama Jakmania di Menteng,” ujar Elie di laman persija.id.

Sementara, Aris Indarto, pemain yang turut merasakan gelar juara 2001 mengartikan Stadion Menteng sebagai saksi perjuangan punggawa membela Persija. “Begitu banyak momen di Menteng. Stadion Menteng menjadi saksi bisu perjuangan para pemain demi lambang Monas di dada,” tuturnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More